Cara Membuat Laporan Laba-Rugi Perusahaan Jasa

Cara Membuat Laporan Laba-Rugi Perusahaan Jasa Step By Step

Posted on

Bagi saudara yang membutuhkkan tutorial Cara Membuat Laporan Laba-Rugi Perusahaan Jasa, maka saudara dapat memahami artikel ini dengan baik.

Dalam artikel ini akan dipaparkan proses penyusunan laporan laba-rugi pada perusahaan jasa.

Laporan laba rugi yang disusun perusahaan jasa strukturnya terdiri dari pendapatan jasa dalam periode berjalan dan semua beban baik beban usaha maupun beban diluar usaha dalam periode berjalan.

Langkah-langkah Cara Membuat Laporan Laba-rugi Perusahaan Jasa

Laporan laba-rugi dalam rangkaian siklus akuntansi disusun setelah neraca saldo dan jurnal penyesuaian disusun atau setelah penyusunan kertas kerja atau neraca lajur.

Cara Membuat Laporan Laba-Rugi Perusahaan Jasa

Mengapa laporan laba-rugi disusun setelah kertas kerja? Hal ini karena sumber dalam penyusunan laporan laba-rugi berasal dari kolom laba-rugi yang terdapat pada kertas kerja.

Untuk dapat menyusun laporan laba-rugi perusahaan jasa sangatlah mudah, mengapa sangat mudah?

Karena kita hanya perlu mengutip semua saldo-saldo akun pendapatan dan beban dalam kolom laba-rugi yang terdapat pada kertas kerja.

Sebelum memulai menyusun laporan laba rugi perusahaan jasa, perlu diketahui format laporan laba-rugi,

secara sederhana formatnya adalah pada atas laporan harus dituliskan identitas perusahaan, jenis laporan yang disajikan (yaitu laporan laba-rugi) dan periode, setelah itu dibawahnya memuat 3 komponen pokok yaitu pendapatan total, beban total dan laba atau rugi.

Jadi ketiga komponen tersebutlah yang menjadi inti laporan yang akan ditampilkan dalam laporan laba-rugi perusahaan jasa.

Komponen pendapatan dan beban dapat dikutip dari kertas kerja dalam kolom laba-rugi sedangkan komponen laba atau rugi merupakan selisih dari total pendapatan dan total beban (selisih komponen 1 dan 2),

apabila total pendapatan lebih besar daripada total beban maka akan terjadi laba sebaliknya apabila total pendapatan lebih kecil dari total beban maka akan terjadi rugi.

Sebagaimana disebutkan di atas bahwa untuk menyusun atau membuat laporan laba-rugi atau Income Statement, kita hanya perlu mengutip semua saldo pendapatan dan saldo beban dalam kolom laba-rugi yang terdapat pada kertas kerja, untuk jelasnya silahkan saudara perhatikan Cara Membuat Laporan Laba-Rugi Perusahaan Jasa berikut ini :

Kertas Kerja Sebagian penyusunan laporan laba rugi

Gambar di atas merupakan kertas kerja perusahaan jasa, yang sengaja hanya ditampilkan saldo-saldo dalam kolom laba-rugi,

karena penulis ingin memberi tahu kepada pembaca bahwa untuk menyusun laporan laba-rugi hanya perlu mengutip saldo-saldo dalam kolom laba-rugi kertas kerja yang semuanya merupakan saldo dari akun nominal yang terdiri dari kelompok akun pendapatan dan kelompok akun beban.

Setelah melihat dan mengamati kertas kerja di atas maka laporan laba-rugi yang disusun adalah sebagai berikut :

Bentuk Laporan Laba rugi Perusahaan Jasa Single Step

Laporan Laba rugi Perusahaan Jasa Single Step

Penulis berharap saudara semakin paham dalam proses penyusunan laporan laba-rugi dengan benar setelah selesai membaca artikel ini dengan seksama.

Setelah membuat laporan laba-rugi, maka laporan keuangan yang harus disusun berikutnya adalah laporan perubahan modal, silahkan saudara pahami pula proses pembuatan lap. perubahan modal.

Demikianlah Pembuatan Laporan Laba-rugi perusahaan jasa, semoga dengan memahami artikel ini secara baik dan teliti anda dapat menguasai dan terampil dalam membuat laporan laba-rugi perusahaan jasa.

Gravatar Image
Salah satu pendidik yang mendapat amanah menyampaikan Ilmu Akuntansi. Lewat Website Ini kami Share Akuntansi Dasar

Leave a Reply

Your email address will not be published.