MENGENAL SYARAT PEMBAYARAN PADA PERUSAHAAN DAGANG

Syarat Pembayaran pada perusahaan dagang - Dalam Keseharian sebuah perusahaan dagang terjadi banyak sekali transaksi-transaksi keuangan, khususnya transaksi penjualan maupun transaksi pembelian barang dagang.



Transaksi jual-beli yang dilakukan perusahaan dagang dalam satu hari saja bisa mencapai jutaan rupiah bahkan milyaran rupiah.

Nahhh sekarang bayangkan saja apabila semua transaksi penjualan atau pembelian dilakukan secara tunai,, tentu kurang praktis bukan. Untuk mengatasi ketidakpraktisan tersebut maka dalam dunia bisnis atau dalam hal ini pada perusahaan dagang, para pedagang memberlakukan sistem penjualan dan pembelian barang dagang secara kredit.

Penjualan dan pembelian barang dagang dengan sistem kredit mengakibatkan seorang pedagang harus mempertimbangkan keberadaan “syarat pembayaran”.

Syarat pembayaran atau termin pembayaran diberikan pedagang pada setiap barang dagangan yang dapat dijual secara kredit.

Dengan adanya syarat pembayaran maka konsumen dapat mengetahui dua informasi penting yang disampaikan pedagang, yaitu informasi kapan maksimal pelunasan pembayaran barang dagang tersebut dan informasi tentang berapa besarnya potongan harga yang mungkin didapatkan jika pembeli melunasi pembayaran sesuai syarat yang tertera dalam syarat pembayaran tersebut.

Untuk lebih jelasnya tentang syarat pembayaran, berikut ini akan dijelaskan beberapa contoh dari syarat pembayaran disertai artinya, silahkan disimak.

Syarat Pembayaran pada Perusahaan Dagang

Syarat pembayaran 4/10, n/60, mempunyai arti bahwa apabila pembayaran dilakukan dalam waktu 10 hari yang dihitung sejak tanggal jual-beli, maka pembeli akan mendapatkan potongan harga sebesar 4%,  dan pembayaran dilakukan selambat-lambatnya 60 hari sejak tanggal transaksi jual beli dan tanpa mendapat potongan harga.



Syarat pembayaran 5/10, n/30, mempunyai arti bahwa apabila pembayaran dilakukan dalam waktu 10 hari yang dihitung sejak tanggal jual-beli, maka pembeli akan mendapatkan potongan harga sebesar 5%,  dan pembayaran dilakukan selambat-lambatnya 30 hari sejak tanggal transaksi jual beli dan tanpa mendapat potongan harga.

Syarat pembayaran n/30, mempunyai arti bahwa pembayaran dapat dilakukan selambat-lambatnya 30 hari yang dihitung sesudah tanggal transaksi jual beli dilakukan.

Syarat pembayaran E O M (end of month), mempunyai arti bahwa pembayaran harus dilakukan pada akhir bulan ( akhir bulan dimana terjadi transaksi jual beli)

Contoh-contoh syarat pembayaran diatas, merupakan beberapa syarat pembayaran yang sering diberikan pedagang dalam operasional kegiatan jual belinya.

Dengan syarat pembayaran maka diharapkan konsumen dapat melunasi pembayaran dalam waktu yang ditentukan pedagang, sedangkan pemberian diskon yang tertera dalam syarat pembayaran dimaksudkan untuk menarik perhatian konsumen untuk membeli barang tertentu dan segera melunasi pembayarannya.

Demikianlah pembahasan tentang syarat pemabayaran dalam perusahaan dagang. Setelah anda paham tentang artikel ini silahkan anda pahami pula tentang proses pencatatan transaksi kedalam jurnal khusus perusahaan dagang. semoga apa yang dibahas dalam postingan ini dapat bermanfaat bagi anda dalam memahami arti syarat pembayaran pada perusahaan dagang.

MENGENAL SYARAT PEMBAYARAN PADA PERUSAHAAN DAGANG Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan saudara berinteraksi dengan penulis lewat penyampaian pesan dalam kotak komentar, pesan yang saudara sampaikan dapat berupa saran, berupa kritikan, pertanyaan, ataupun berupa pesan lainnya yang bersifat membangun.