MENGENAL PENGERTIAN DAN CIRI-CIRI PERUSAHAAN DAGANG

Perusahaan dagang merupakan sebuah jenis perusahaan yang kegiatan utamanya adalah membeli barang dagangan, menyimpan barang dagangan dan menjual barang dagangan tersebut tanpa proses pengolahan terlebih dahulu.


Berdasarkan pengertian perusahaan dagang tersebut, maka jelas bahwa perusahaan dagang sangat berbeda dengan perusahaan jasa maupun perusahaan manufaktur.

Perbedaan antara perusahaan dagang dengan perusahaan jasa terutama pada kegiatan utama masing-masing perusahaan, jika perusahaan dagang fokus pada kegiatan membeli dan menjual barang dagang sedangkan pada perusahaan jasa fokus pada penyediaan jasa pada konsumennya.

Lalu apa perbedaan antara perusahaan jasa dengan perusahaan dagang?? Tentu saja kedua jenis perusahaan tersebut berbeda.

Perbedaan diantara keduanya terletak pada kegiatan utamanya, jika dalam perusahaan dagang kegiatan utamanya membeli barang dagangan kemudian menjualnya kepada konsumen tanpa mengolah barang dagangannya, sedangkan dalam perusahaan manufaktur kegiatan utamanya membeli bahan baku kemudian mengolahnya hingga menjadi produk yang siap jual, kemudian baru produk tersebut dijual kepada konsumen.

Pengertian dan ciri-ciri perusahaan dagang

Setelah anda mengerti definisi perusahaan dagang dan perbedaannya dengan perusahaan jasa dan manufaktur, maka selanjutnya anda juga perlu memahami ciri-ciri perusahaan dagang agar anda benar-benar memahami perusahaan dagang dengan baik.

Ciri-Ciri utama perusahaan dagang



1) Dari segi kegiatan utamanya
Perusahaan dagang kegiatan utama yang dilakukan adalah memperjualbelikan barang dagang di pasar bebas.

2) Dari Segi Akuntansi
Perusahaan dagang kegiatan akuntansinya memiliki ciri khas sebagai berikut :

a. Terdapat akun persediaan barang dagang
Perusahaan dagang dalam kegiatan akuntansinya mengenal adanya akun persediaan barang dagang pada awal dan akhir periode pembukuan.

b. Terdapat perhitungan harga pokok penjualan (HPP)
Harga pokok penjualan dalam perusahaan dagang akan disajikan dalam laporan laba-rugi. Dalam laporan laba-rugi perusahaan dagang penyusunannya dengan membandingkan antara harga pokok penjualan dengan harga jual, yang selisihnya disebut laba kotor. Sedangkan untuk mengetahui laba bersih perusahaan maka laba kotor harus dikurangi dengan beban administrasi, beban umum dan beban penjualan.

c. Terdapat dua bentuk Laporan laba rugi
Laporan laba-rugi perusahaan dagang dapat disusun dengan bentuk langsung yang  disebut juga bentuk single step atau dapat disusun dengan bentuk bertahap yang disebut juga dengan bentuk multiple step. Perusahaan boleh memilih salah satu bentuk laporan laba-rugi yang digunakan dalam pembukuannya.

3) Dari segi golongan atau jenis perusahaan
Perusahaan dagang pada dasarnya merupakan perusahaan yang sifat kegiatannya adalah menyalurkan barang dari suplier (pemasok) kepada konsumen, sehingga secara garis besar perusahaan dagang dapat dibedakan menjadi 3 golongan atau 3 jenis yaitu sebagai berikut :

a. Pedagang besar
Pedagang besar merupakan golongan dari perusahaan dagang yang kegiatannya membeli dan menjual barang dagang dalam partai yang besar. Contoh pedagang golongan ini yaitu grosir, agen, importir dan eksportir.

b. Pedagang menengah
Perusahaan menengah merupakan golongan dari perusahaan dagang yang kegiatannya membeli barang dagang dari pemasok dalam partai yang besar, tetapi perusahaan ini menjual barang dagangnya kepada para pengecer dalam jumlah atau partai sedang. Contoh pedagang golongan ini antara lain toko-toko besar atau toko menengah.

c. Pedagang kecil (retailer)
Pedagang kecil merupakan golongan dari perusahaan dagang yang kegiatannya membeli dan menjual barang dagang dalam partai kecil. Contoh pedagang kecil adalah para pengecer yang langsung berhubungan dengan pembeli akhir , misalnya pedagang kaki lima, toko-toko kecil dan lain-lain.

Demikianlah penjelasan tentang makna dari perusahaan dagang dan penjelasan ciri-ciri perusahaan dagang yang dapat disajikan dalam blog www.akuntansidasar.com. Semoga setelah membaca artikel ini anda lebih memahami tentang pengertian perusahaan dagang dan ciri-ciri perusahaan dagang denga benar.

MENGENAL PENGERTIAN DAN CIRI-CIRI PERUSAHAAN DAGANG Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan saudara berinteraksi dengan penulis lewat penyampaian pesan dalam kotak komentar, pesan yang saudara sampaikan dapat berupa saran, berupa kritikan, pertanyaan, ataupun berupa pesan lainnya yang bersifat membangun.