MENGENAL JENIS TRANSAKSI DAN AKUN PADA PERUSAHAAN DAGANG

Jenis-jenis transaksi dan akun pada perusahaan dagang - Setelah sebelumnya dibahas tentang pengertian dan ciri khusus perusahaan dagang, maka untuk melanjutkan pembelajaran kita tentang perusahaan dagang dalam postingan ini akan dibahas tentang jenis transaksi dan akun pada perusahaan dagang.



Secara umum macam-macam transaksi keuangan yang terjadi dalam perusahaan dagang terdiri dari 9 transaksi keuangan.

Sedangkan nama akun-akun atau nama rekening yang sering digunakan dalam perusahaan dagang terdiri dari 7 buah nama akun.

Untuk lebih jelasnya dibawah ini akan dipaparkan beberapa transaksi keuangan yang sering terjadi dalam operasional perusahaan dagang, selain itu dalam postingan ini juga akan dipaparkan beberapa nama akun yang lazim digunakan dalam akuntansi perusahaan dagang.

9 Macam transaksi keuangan dalam perusahaan dagang

  1. Transaksi pembelian barang dagang yang dilakukan secara kredit
  2. Transaksi pembelian barang dagng yang dilakukan secara tunai
  3. Transaksi terjadinya retur pembelian dan pengurangan harga
  4. Transaksi Potongan pembelian
  5. Transaksi pembayaran beban angkut Pembelian
  6. Transaksi Penjualan barang dagangan yang dilakukan secara kredit
  7. Transaksi Penjualan barang dagangan yang dilakukan secara tunai
  8. Transaksi terjadinya retur penjualan dan pengurangan harga
  9. Transaksi Potongan Penjualan

Macam-macam Transaksi dan Akun pada Perusahaan Dagang

7 Nama Akun yang Lazim dan Pasti digunakan dalam perusahaan dagang



  1. Pembelian, Merupakan nama akun yang digunakan untuk menampung saldo seluruh transaksi pembelian barang dagang, baik pembelian barang dagang secara kredit maupun pembeliang barang dagang secara tunai.
  2. Retur pembelian dan pengurangan harga, Merupakan nama akun yang digunakan untuk menampung saldo akibat adanya transaksi retur pembelian dan pengurangan harga. Retur pembelian terjadi jika barang-barang yang telah dibeli tidak sesuai pesanan, atau barang rusak (cacat) dan sebagainya.
  3. Potongan Pembelian, Merupakan nama akun yang digunakan untuk menampung saldo dari adanya transaksi potongan pembelian.
  4. Beban angkut Pembelian, Merupakan nama akun yang digunakan perusahaan untuk mencatat besarnya biaya yang digunakan dalam transaksi pembayaran beban angkut pembelian barang.
  5. Penjualan, Merupakan nama akun dalam perusahaan dagang yang digunakan untuk mencatat segala transaksi penjualan barang dagang baik tunai maupun kredit
  6. Retur penjualan dan pengurangan harga, merupakan nama akun dalam perusahaan dagang yang digunakan untuk mencatat segala transaksi pengembalian barang-barang yang telah terjual. Retur penjualan terjadi jika barang-barang yang telah terjual kepada konsumen diterima kembali oleh pedagang yang disebabkan oleh beberapa hal, misalnya karena barang tidak sesuai pesanan, barang cacat dan sebagainya.
  7. Potongan Penjualan, Merupakan nama akun dalam perusahaan dagang yang digunakan untuk mencatat segala transaksi-transaksi potongan pejualan.

Demikianlah pembahasan macam-macam atau jenis transaksi keuangan pada perusahaan dagang dan nama-nama akun yang sering digunakan dalam operasional perusahaan dagang.

Setelah memahami postingan ini silahkan saudara pahami pula tentang syarat pembayaran atau termin pembayaran yang  biasa digunakan dalam perusahaan dagang. Semoga postingan ini dapat membuat saudara paham tentang jenis transaksi dan akun dalam perusahaan dagang.

MENGENAL JENIS TRANSAKSI DAN AKUN PADA PERUSAHAAN DAGANG Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan saudara berinteraksi dengan penulis lewat penyampaian pesan dalam kotak komentar, pesan yang saudara sampaikan dapat berupa saran, berupa kritikan, pertanyaan, ataupun berupa pesan lainnya yang bersifat membangun.