CARA MUDAH MENYUSUN NERACA PERUSAHAAN JASA

Pembuatan Neraca atau balance-sheet dilakukan setelah dua buah jenis laporan keuangan disusun, apa saja kedua jenis laporan keuangan tersebut?



Kedua jenis laporan keuangan tersebut adalah laporan laba-rugi dan laporan perubahan modal.

Mengapa neraca harus disusun setelah laporan laba-rugi dan laporan perubahan modal?

Hal ini karena dalam neraca harus melaporkan modal akhir perusahaan, sementara itu modal akhir baru dapat diketahui dari laporan perubahan modal, sedangkan laporan perubahan modal dapat disusun setelah besarnya laba-bersih diketahui yaitu dengan penyusunan laporan laba-rugi,

dengan demikian untuk dapat menyusun neraca kita harus menyusun laporan laba-rugi dan laporan perubahan modal terlebih dahulu.

Meskipun demikian bagi anda yang sudah mahir hanya dengan melihat kertas kerja atau neraca lajur maka dapat diketahui modal akhir perusahaan sehingga bagi anda yang sudah mahir dapat langsung menyusun neraca tanpa menyusun laporan laba-rugi dan perubahan modal terlebih dahulu.

Deskripsi Neraca dalam ilmu akuntansi

Neraca dalam ilmu akuntansi diartikan sebagai sebuah bentuk laporan keuangan yang didalamnya menyajikan informasi keuangan sebuah perusahaan yang meliputi aktiva atau harta perusahaan, hutang perusahaan dan modal atau ekuitas perusahaan pada suatu periode akuntansi.

Atau dengan kalimat lain neraca merupakan sebuah bentuk laporan keuangan yang menginformasikan seluruh kekayaan yang dimiliki suatu perusahaan dan sumber dari kekayaan tersebut.

Kekayaan perusahaan yang dimaksud diatas yaitu meliputi harta lancar perusahaan, harta tetap perusahaan maupun harta perusahaan lainnya sedangkan sumber kekayaan yang dimaksud dalam pengertian neraca di atas yaitu meliputi modal yang dimiliki perusahaan dan hutang-hutang yang ditanggung perusahaan.

Modal yang dimiliki perusahaan pada khakikatnya merupakan pinjaman yang berasal dari pemilik perusahaan sedangkan hutang perusahaan merupakan pinjaman perushaan yang berasal dari selain pemilik perusahaan seperti bank dan lembaga keuangan.

Cara menyusun Neraca berbantuan Kertas Kerja



Tujuan umum disusunnya Neraca pada dasarnya untuk menginformasikan tentang kekayaan dan sumber kekayaan perusahaan kepada beberapa pihak pemakai informasi.

Sebagaimana halnya ketika menyusun laporan laba-rugi, dan menyusun laporan perubahan modal, untuk menyusun neraca juga dapat dilakukan dengan bantuan kertas kerja.

Neraca dapat dibuat dengan mengutip saldo akun rill yaitu akun harta atau akun aktiva, akun hutang pada kertas kerja,

sedangkan akun modal kita kutip dari laporan perubahan modal, karena yang ditampilkan dalam neraca adalah modal akhir sedangkan dalam kertas kerja hanya tercantum modal awal, jadi untuk akun modal kita kutip dari laporan perubahan modal.

Atau jika anda ingin menghitung modal akhir secara mandiri maka anda dapat menghitungnya dengan cara menambah modal awal pada kertas kerja dengan laba periode itu dan mengurangkan dengan saldo prive (jika kondisi laba) namun jika kondisinya rugi maka modal akhir dihitung dengan: modal awal – rugi – prive.

Lebih jelas tentang penyusunan neraca maka simaklah gambar kertas kerja berikut ini yang dijadikan bantuan dalam menyusun neraca:

Fungsi kertas kerja untuk membuat neraca atau balance sheet

Berdasarkan gambar kertas kerja yang akan dijadikan alat bantu dalam membuat neraca,

kita dapat mengamati bahwa dalam gambar tersebut hanya kolom neraca yang terdapat saldo (angka-angka rupiah) dari akun aktiva, akun utang dan modal.

Penulis sengaja hanya mencantumkan saldo-saldo dalam neraca saja, karena untuk membuat laporan keuangan neraca atau balance sheet kita hanya perlu mengutip saldo-saldo dalam kolom neraca saja.

Semua akun aktiva mulai dari kas sampai akun gedung salon beserta akumulasinya dan semua akun utang mulai dari utang usaha, akun gaji yang masih harus dibayar dan utang pajak yang ada dalam kertas kerja kita kutip untuk dilaporkan ke dalam neraca,

namun khusus akun modal kita perlu melakukan perhitungan untuk mencari modal akhir, mengapa tidak mengutip modal dalam kertas kerja secara langsung? Hal ini tidak boleh karena saldo modal yang ada dalam kertas kerja adalah modal awal bukan modal akhir,

padahal yang harus kita sajikan dalam neraca adalah saldo modal akhir. Berdasarkan kertas kerja yang ditampilkan di atas maka laporan keuangan yang berbentuk neraca atau balance sheet adalah sebagai berikut:

Neraca atau balance sheet bentuk scontro (bentuk T)

Contoh Neraca atau balance sheet bentuk scontro (bentuk T)

Dalam neraca salon zhafira di atas menunjukan bahwa kekayaan salon zhafira salon yang dikelompokan menjadi aktiva lancar dan aktiva tetap memiliki total saldo 19.091.500 begitu juga sumber kekayaan tersebut yang dikelompokan ke dalam kewajiban dan modal jumlah totalnya sama yaitu 19.091.500.

Jumlah antara kekayaan dan sumber kekayaan tersebut akan menunjukan jumlah yang sama apabila neraca yang disusun telah benar.

Setelah memahami pembahasan penyusunan neraca selanjutnya silahkan saudara pahami juga tentang penyusunan laporan arus kas.

Demikianlah pembahasan Cara mudah menyusun Neraca perusahaan jasa dengan benar, mudah-mudahan saudara dapat mahir dalam bidang akuntansi khususnya dalam menyusun neraca.

CARA MUDAH MENYUSUN NERACA PERUSAHAAN JASA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan saudara berinteraksi dengan penulis lewat penyampaian pesan dalam kotak komentar, pesan yang saudara sampaikan dapat berupa saran, berupa kritikan, pertanyaan, ataupun berupa pesan lainnya yang bersifat membangun.