CARA MUDAH MEMBUAT LAPORAN PERUBAHAN MODAL

Saudara sedang belajar memahami cara membuat laporan perubahan modal? Jika saudara sedang belajar membuat laporan perubahan modal maka saudara tepat sekali berkunjung ke artikel ini.



Dalam artikel ini akan dijelaskan proses pembuatan laporan perubahan modal perusahaan jasa dengan tepat sesuai SAK.

Laporan perubahan modal merupakan benuk laporan keuangan yang kedua disusun setelah penyusunan laporan laba-rugi.

Mengapa harus menyusun laporan laba-rugi terlebih dahulu sebelum menyusun laporan Perubahan modal?

Hal ini karena dalam laporan perubahan modal salah satu eleman yang ditampilkan adalah saldo laba atau saldo rugi, sedangkan untuk dapat mengetahui saldo laba atau rugi kita harus menyusun laporan laba-rugi sehingga laporan perubahan modal dapat disusun setelah penyusunan laporan laba-rugi perusahaan.

Namun, meskipun demikian, kita juga dapat menyusun laporan perubahan modal dengan lebih mudah yaitu dengan berbantuan kertas kerja, selengkapnya untuk menyusun laporan perubahan modal dengan berbantuan kertas kerja dapat anda simak dalam penjelasan berikut ini.

Deskripsi Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal dalam akuntansi dapat diartikan sebagai sebuah laporan yang menyajikan kondisi modal pemilik perusahaan yang meliputi besarnya modal awal perusahaan, dan hal-hal yang mengakibatkan peningkatan atau penurunan modal seperti laba bersih atau rugi, investasi tambahan dan prive pemilik, sehingga dalam laporan ini akan diketahui modal akhir perusahaan.

Struktur laporan perubahan modal pada khakikatnya hanya terdiri dari 4 komponen utama, yaitu modal awal, hal-hal yang mengakibatkan peningkatan modal, hal-hal yang mengakibatkan penurunan modal dan modal akhir.

Namun karena dalam dunia bisnis terdapat beberapa bentuk badan usaha, maka struktur laporan perubahan modal juga menyesuaikan kondisi badan usaha tersebut.

Laporan perubahan modal untuk bentuk badan usaha Perseorangan, badan usaha CV dan badan usaha firma strukturnya terdiri atas modal awal pemilik perusahaan, laba bersih periode berjalan atau rugi dalam periode berjalan dan prive serta investasi tambahan (jika ada) serta di ahir laporan akan diketahui modal ahir perusahaan dalam periode berjalan.

Laporan perubahan modal untuk bentuk badan usaha PT atau perseroan terbatas (dalam PT laporan perubahan modal disebut laporan laba-ditahan) strukturnya  terdiri dari laba ditahan awal, laba bersih perusahaan pada periode tersebut, dividen yang diumumkan dan laba ditahan ahir periode tersebut.

Langkah-langkah Menyusun Laporan Perubahan Modal



Laporan perubahan modal proses penyusunannya sangat mudah jika dilakukan melalui siklus akuntansi.

Dengan melalui proses siklus akuntansi maka laporan keuangan, khususnya laporan perubahan modal dapat disusun hanya dengan mengutip beberapa data dalam kolom neraca pada kertas kerja.

Data apa saja yang dikutip? Data yang dikutip tentu saja data yang menjadi komponen dalam laporan perubahan modal, yaitu jika dalam badan usaha perseorangan/cv/firma maka kita hanya mengutip data saldo modal pemilik, prve, dan laba atau rugi dalam periode penyusunan laporan perubahan modal tersebut.

Untuk lebih jelasnya silahkan pahami gambar dan penjelasan penyusunan laporan perubahan modal berikut ini:

cara membuat laporan perubahan modal dengan benar

Dari gambar neraca lajur atau kertas kerja di atas terlihat bahwa hanya dalam kolom neraca saja yang terdapat angka-angka rupiah (saldo),

hal ini sengaja penulis lakukan untuk menekankan bahwa untuk membuat laporan perubahan modal kita hanya perlu melihat dan mengutip beberapa saldo yang ada dalam kolom neraca pada kertas kerja, dan itupun hanya beberapa saldo saja tidak semuanya.

Dari kertas kerja di atas maka laporan perubahan modal perusahaan jasa yang berbentuk perseorangan adalah sebagai berikut:

Salon Zhafira
Laporan Perubahan Modal
Per 31 Desember 2014

Modal Awal Zhafira                         Rp 13.500.000
Laba Bersih             Rp2.991.500
Pengambilan prive    Rp850.000 (-)                                    
Penambahan modal                         Rp 2.141.500 (+)
Modal ahir  Zhafira                         Rp15.641.500

Dalam laporan perubahan modal Zhafira salon Memberikan informasi kepada pihak-pihak yang berkepentingan terhadap laporan keuangan bahwa modal yang dimiliki zhafira telah meningkat dari modal awal sebesar 13.500.00 menjadi 15.641.500 kenaikan modal tersebut diakibatkan karena adanya penambahan modal sebesar 2.141.500 yang diperoleh dari laba bersih perusahaan sebesar 2.991.500 dikurangi pengambilan sebagaian modal oleh zhafira (pemilik) atau disebut prive sebesar 850.000.

Setelah mendapat pemahaman dari artikel ini maka selanjutnya pahamilah cara pembuatan laporan neraca dengan tepat, demikianlah pembahasan Cara mudah membuat Laporan perubahan modal, semoga mahir akuntansi.

CARA MUDAH MEMBUAT LAPORAN PERUBAHAN MODAL Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan saudara berinteraksi dengan penulis lewat penyampaian pesan dalam kotak komentar, pesan yang saudara sampaikan dapat berupa saran, berupa kritikan, pertanyaan, ataupun berupa pesan lainnya yang bersifat membangun.