CARA MUDAH MEMBUAT LAPORAN ARUS KAS

Penyusunan laporan arus kas dalam proses pelaporan keuangan dilakukan setelah penyusunan neraca atau balance sheet.



Laporan arus kas disusun untuk menginformasikan aliran kas pada sebuah perusahaan dalam suatu periode.

Kepada siapakah Laporan Arus Kas dinformasikan?

Baik laporan arus kas maupun bentuk laporan keuangan lainnya yaitu bentuk lap. Laba rugi, bentuk laporan perubahan modal dan neraca diinformasikan kepada pihak yang membutuhkan informasi keuangan perusahaan tersebut.

Siapa saja pihak itu? Selengkapnya silahkan anda baca dalam artikel pihak-pihak yang memakai informasi keuangan.

Deskripsi laporan Arus Kas sesuai Ilmu Akuntansi

Dalam ilmu akuntansi dasar laporan arus kas dipelajari untuk pertama kali bagi setiap orang yang berminat mendalami ilmu akuntansi.

Sebelum kita memahami cara membuat laporan Arus kas dengan tepat, maka perlu diketahui makna laporan arus kas, apa itu laporan arus kas?

Laporan arus kas merupakan sebuah laporan keuangan yang menginformasikan arus kas yang masuk dan arus kas yang keluar dalam periode akuntansi tertentu pada sebuah entiti.

Pengertian tersebut diperkuat dengan PSAK no 2 tentang arus kas, yang menyatakan bahwa laporan arus kas didalamnya harus melaporkan aliran kas dalam periode tertentu yang dikelompokan berdasarkan aktivitas operasi, aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan.

Mengapa sebuah entiti atau perusahaan harus menyusun laporan arus kas?

Perusahaan menyusun laporan arus kas, hal ini karena memiliki tujuan yaitu untuk menggambarkan kegiatan manajemen dalam kegiatan operasi, kegiatan investasi, dan kegiatan pendanaan.

Berdasarkan informasi dari ketiga kegiatan tersebut maka dapat dilakukan prediksi arus kas perusahaan untuk masa mendatang atau periode-periode selanjutnya.

Cara menyusun Laporan Arus Kas secara tepat



Laporan arus kas dapat disusun dengan dua buah metode, yaitu metode langsung dan metode tidak langsung.

Diantara kedua metode tersebut yang sering digunakan dan dianjurkan dalam SAK adalah penyusunan laporan arus kas dengan metode langsung, karena lebih lengkap dalam memberikan informasi tentang kondisi arus kas suatu perusahaan.

Untuk lebih jelasnya dibawah ini akan diberikan ilustrasi dalam perusahaan jasa salo zhafira pada periode 2014.

Diketahui bahwa dalam salon zhafira terdapat beberapa data tambahan sebagai berikut :

a) Saldo kas salon zhafira pada awal periode 2014 sebagaimana yang tercantum dalam neraca awal adalah sebesar Rp 2.394.000

b) Pendapatan jasa salon sebagaimana tercantum dalam laporan laba-rugi periode 2014 yaitu sebesar 7.405.000,, ternyata yang telah diterima perkas sampai dengan akhir periode hanya sebesar 4.206.000 sedangkan sisanya masih berupa piutang jasa.

c) Selama periode 2014 salon zhafira melakukan pengeluaran uang tunai untuk membayar 4 beban, yaitu beban upah dan gaji sebesar 586.000, beban penerangan sebesar 535.000, beban pemeliharaan sebesar 412.500 dan beban umum sebesar 690.000.

d) Peralatan kantor yang dibeli dengan tunai selama periode 2014 yaitu sebesar 700.000 dan peralatan salon sebesar 600.000

e) Setoran modal tambahan selama periode 2014 oleh zhafira sebesar 1000.000 dan pengambilan prive 850.000.

Berdasarkan kelima data tambahan di atas maka laporan arus kas yang disusun salon zhafira pada periode 2014 dengan metode langsung adalah sebagai berikut :

Penyusunan laporan arus kas dengan metode langsung

Berdasarkan laporan arus kas di atas terlihat bahwa saldo kas akhir periode jumlahnya sama dengan saldo kas yang disajikan dalam Laporan neraca atau balance sheet yang telah dibuat salon zhafira,

hal ini menunjukan bahwa kas antara neraca dengan laporan arus kas saling terkait, dengan kata lain jika saldo akhir kas dalam laporan arus kas tidak sama dengan saldo kas yang ditampilkan di balance sheet (neraca) maka ada kekeliruan dalam penyusunannya.

Perlu ditegaskan pula, bahwa dalam laporan arus kas hanya menyajikan arus kas yang keluar atau arus kas yang masuk,

itulah sebabnya pendapatan jasa hanya ditampilkan dalam arus kas sebesar 4.206.000, padahal dalam laporan laba-rugi pendapatan tercatat 7.405.000.

Mengapa yang ditampilkan dalam arus kas hanya 4.206.000?

hal ini karena salon zhafira hanya menerima kas masuk yang berasal dari pendapatan sebesar 4.206.000 sedangkan sisanya belum diterima secara tunai atau masih menjadi piutang.

Begitu juga dengan akun-akun lainnya seperti beban-beban, akun beban yang ditampilkan dalam arus kas hanyalah akun beban yang telah dibayarkan secara tunai oleh zhafira salon, sedangkan yang masih menjadi hutang atau belum dibayar tidak ditampilkan dalam laporan arus kas.

CARA MUDAH MEMBUAT LAPORAN ARUS KAS Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

1 komentar:

Silahkan saudara berinteraksi dengan penulis lewat penyampaian pesan dalam kotak komentar, pesan yang saudara sampaikan dapat berupa saran, berupa kritikan, pertanyaan, ataupun berupa pesan lainnya yang bersifat membangun.