PENYUSUNAN JURNAL PENYESUAIAN PENDAPATAN DITERIMA DIMUKA

Pendapatan diterima dimuka atau dalam bahasa lain dikenal Prepaid Income dalam akuntansi diartikan sebagai pendapatan yang telah diterima, namun pendapatan tersebut belum menjadi hak penerima seutuhnya pada periode tersebut.



Pendapatan diterima dimuka belum menjadi hak penerima pendapatan seutuhnya karena pendapatan diterima dimuka merupakan pendapatan yang belum sepenuhnya dapat diakui sebagai pendapatan dalam periode tersebut, mengapa?

Karena penerima belum sepenuhnya melakukan kewajibannya kepada pelanggan yang membayar pendapatan itu, selain itu secara umum pendapatan diterima dimuka berlaku untuk lebih dari satu periode akuntansi sehingga setiap akhir periode harus disesuaikan.

Dengan pembuatan jurnal penyesuaian maka akan jelas berapa saldo yang telah dapat diakui sebagai pendapatan periode tersebut dan berapa saldo yang masih menjadi hutang pendapatan (pendapatan diterima dimuka).

Jurnal penyesuaian untuk Pendapatan diterima dimuka terdapat dua pilihan pendekatan, yaitu jurnal penyesuaian dengan pendekatan neraca dan jurnal penyesuaian dengan pendekatan laba-rugi. Perusahaan harus memilih salah satu pendekatan tersebut untuk menyesuaikan akun pendapatan diterima dimuka. Untuk memahami kedua pendekatan tersebut simaklah ilustrasi berikut ini :

Pada tanggal 2 mei 2014 perusahaan ABCD menerima pembayaran biaya sewa sebuah gudang dari konsumennya sebesar 15.000.000 untuk 1 tahun mendatang hingga bulan april 2015.

Berdasarkan transaksi tersebut, buatlah jurnal umum saat menerima pembayaran biaya sewa dari pelanggan dan buat juga penyesuaiannya pada akhir periode yaitu 31 desember 2014!




Sebagaimana telah disebutkan diatas bahwa, untuk mencatat pendapatan diterima dimuka perusahaan dapat mencatatnya dengan salah satu pendekatan, pendekatan neraca atau pendekatan laba-rugi.

Untuk memahami kedua pendekatan tersebut maka dibawah ini akan dilakukan pencatatan dengan 2 pendekatan, simaklah pembahasan pencatatan pendapatan diterima dimuka dengan kedua pendekatan berikut ini:

Pendekatan Neraca

Pencatatan yang pertama adalah pencatatan dalam jurnal umum, yaitu pencatatan ketika terjadi transaksi penerimaan pembayaran biaya sewa pada tanggal 2 mei 2014, apabila transaksi tanggal 2 mei tersebut dilakukan dengan pendekatan neraca maka dijurnal sebagai berikut:

Jurnal umum pendapatan diterima dimuka dicatat sebagai pendapatan sewa diterima dimuka

 (Db) Kas .............................IDR 15.000.000
         (Kr) Pendapatan Sewa diterima dimuka ...........IDR 15.000.000

Kas ditempatkan di debet karena kas telah bertambah akibat dari penerimaan pembayaran tunai sewa gudang, pendapatan sewa diterima dimuka ditempatkan dikredit karena pendapatan sewa diterima dimuka (hutang pendapatan) bertambah.

Jurnal Penyesuaian pendapatan diterima dimuka dengan pendekatan neraca


Jurnal Penyesuaian pendapatan diterima dimuka dengan pendekatan neraca

Pendapatan diterima dimuka ditempatkan didebit, hal ini karena selam 8 bulan terhitung dari bulan mei hingga desember saldo pendapatan diterima dimuka telah berkurang sebesar 10.000.000 (dihitung dengan perhitungan 8/12 x 15.000.000; dimana 8 adalah jumlah bulan dari mei sampai desember, 12 adalah jumlah bulan dalam 1 tahun dan 15.000.000 adalah saldo pendapatan diterima dimuka ketika diterima)

Pendekatan Laba-Rugi

Jurnal umum pendapatan diterima dimuka dicatat sebagai pendapatan sewa


Apabila transaksi tanggal 2 mei tersebut dilakukan dengan pendekatan laba-rugi maka dijurnal sebagai berikut
 (Db) Kas .............................Rp 15.000.000
         (Kr) Pendapatan Sewa Gudang ...........Rp 15.000.000

Kas ditempatkan didebet karena perusahaan menerima uang tunai, sehingga saldo kas bertambah. pendapatan sewa ditempatkan dikredit karena saldo pendapatan bertambah.

Jurnal Penyesuaian pendapatan diterima dimuka dengan pendekatan laba-rugi


Jurnal Penyesuaian pendapatan diterima dimuka dengan pendekatan laba-rugi

Pendapatan sewa yang harus diakui dalam periode 2014 adalah sebesar 10.000.000 yaitu dari pendapatan sewa bulan mei sampai desember 2014,

sehingga agar dapat memunculkan saldo pendapatan sewa sebesar 10.000.000 maka saldo pendapatan sewa yang telah tercatat sebesar 15.000.000 harus disesuaikan yaitu dengan cara mendebit pendapatan sewa gudang sebesar 5000.000 dan mengkredit pendapatan sewa diterima dimuka 5000.0000,

dengan demikian dapat terlihat dalam neraca saldo disesuaikan atau dalam laporan laba-rugi bahwa saldo pendapatan sewa sebesar Rp 10.000.000 pada periode 2014 dan dalam laporan neraca pendapatan sewa diterima dimuka disajikan sebesar 5000.000.

Setelah memahami artikel ini pahami juga artikel jurnal penyesuaian untuk perusahaan dagang. Demikianlah pembahasan penyusunan jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka semoga dapat menambah pemahaman anda tentang proses pembuatan jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka.

PENYUSUNAN JURNAL PENYESUAIAN PENDAPATAN DITERIMA DIMUKA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan saudara berinteraksi dengan penulis lewat penyampaian pesan dalam kotak komentar, pesan yang saudara sampaikan dapat berupa saran, berupa kritikan, pertanyaan, ataupun berupa pesan lainnya yang bersifat membangun.