PENGERTIAN DAN FUNGSI JURNAL UMUM DALAM AKUNTANSI

Pengertian Jurnal umum sesuai teori akuntansi

Dalam siklus akuntansi tahap pencatatan yang pertama adalah pencatatan ke dalam jurnal umum. Jurnal Umum dapat diartikan sebagai sebuah buku harian yang digunakan untuk mencatat berbagai jenis bukti transaksi keuangan pada posisi debet maupun akun kredit yang dicatat berdasarkan urutan waktu terjadinya.


Selain jurnal umum sebenarnya masih ada jurnal yang berfungsi untuk mencatat bukti-bukti transaksi yang telah terjadi, yaitu jurnal khusus.

Dalam akuntansi dasar kedua jenis jurnal tersebut yaitu jurnal umum dan jurnal khusus mulai dipelajari. Agar lebih jelas seperti apa jurnal umum itu, lihatlah bentuk atau format jurnal umum dibawah ini :

Pengertian dan fungsi jurnal umum dalam akuntansi

Jurnal Umum lazim digunakan pada sebuah perusahaan jasa atau perusahaan dengan tingkat transaksi yang tidak terlalu kompleks dan tidak berulang-ulang.

Sedangkan jurnal khusus lazim digunakan pada perusahaan dagang atau perusahaan dengan tingkat traksaksi yang tinggi dan sering berulang-ulang terjadinya,

misalnya transaksi penjualan barang dalam satu hari mencapai 100 kali, nah dalam kondisi ini perusahaan lebih tepat menggunakan jurnal khusus agar lebih praktis,

lebih jelas tentang jurnal khusus silahkan pahami dalam post mendeskripsikan jurnal khusus perusahaan dagang

Pembuatan Jurnal umum atau disebut juga penjurnalan mempunyai tujuan diantaranya adalah untuk  melakukan identifikasi,   melakukan penilaian, dan melakukan pencatatan adanya dampak  ekonomi  dari sebuah transaksi atau beberapa transaksi  dalam sebuah perusahaan secara kronologis serta bertujuan untuk memudahkan proses pemindahan dampak transaksi yang terjadi kedalam sebuah akun atau  perkiraan tertentu sesuai transaksi. Secara detai fungsi dari pembuatan jurnal umum adalah sebagai berikut.

5 Fungsi Jurnal Umum dalam rangkaian siklus akuntansi




Jurnal umum setidaknya memiliki 5 fungsi utama bagi perusahaan yaitu fungsi analisis, fungsi pencatatan, fungsi instruktif, fungsi historis dan fungsi informatif, lebih detainya adalah sebagai berikut:

Fungsi Pencatatan Jurnal umum

Jurnal umum dikatakan berfungsi sebagai proses pencatatan, maksudnya disini adalah bahwa jurnal umum digunakan untuk melakukan pencatatan berbagai macam transaksi keuangan yang terjadi dalam perusahaan kedalam sebuah kolom debet dan dan kolom kredit dengan dilengkapi  keterangan relevan dengan traksaksi yang dianggap penting.

Fungsi Analisis jurnal umum

Jurnal umum dikatakan mempunyai fungsi sebagai analisis, maksudnya bahwa jurnal umum berfungsi dalam penentuan akun atau perkiraan harus di debet dan akun atau perkiraan yang harus dikredit beserta dengan saldonya sesuai transaksi yang terjadi.

Fungsi Historis jurnal umum

Jurnal umum mempunyai fungsi historis atau sejarah, maksud dari fungsi historis adalah bahwa jurnal umum dalam mencatat bukti transaksi akibat berbagai transaksi yang terjadi dilakukan secara urut berdasarkan waktu terjadinya transaksi, jadi bukti transaksi dicatat kedalam jurnal umum secara kronologis.

Fungsi Informatif jurnal umum

Jurnal umum mempunyai fungsi informatif, maksudnya adalah bahwa jurnal umum memiliki fungsi dalam memberikan informasi untuk melakukan pencatatan bukti transaksi yang timbul akibat terjadinya suatu transaksi.

Fungsi Instruktif jurnal umum

Jurnal umum memiliki fungsi instruksif, maksudnya adalah jurnal umum memiliki fungsi sebagai perintah untuk melakukan posting ke buku besar.

Kesimpulan
Jurnal umum adalah buku harian yang digunakan untuk mencatat berbagai jenis bukti transaksi keuangan pada posisi debet maupun akun kredit yang dicatat berdasarkan  urutan waktu terjadinya.

Dalam akuntansi jurnal umum memiliki 5 fungsi utama yaitu yaitu fungsi analisis, fungsi pencatatan, fungsi instruktif, fungsi historis dan fungsi informatif.

Setelah memahami pengertian dan fungsi dari jurnal umum selanjutnya anda perlu memahami bagaimana cara menyusun atau membuat jurnal umum.  Semoga pembahasan pengertian dan fungsi jurnal umum dalam blog indoakuntansi dapat bermanfaat bagi anda.

PENGERTIAN DAN FUNGSI JURNAL UMUM DALAM AKUNTANSI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan saudara berinteraksi dengan penulis lewat penyampaian pesan dalam kotak komentar, pesan yang saudara sampaikan dapat berupa saran, berupa kritikan, pertanyaan, ataupun berupa pesan lainnya yang bersifat membangun.