MENGENAL KONSEP INTI DALAM AKUNTANSI DASAR

Akuntansi dasar merupakan kajian akuntansi yang pertama kali dipelajari dalam kajian akuntansi. Akuntansi dasar atau dikenal juga pengantar akuntansi mempunyai peran yang penting untuk sukses belajar akuntansi.


Mengapa akuntansi dasar disebutkan salah satu faktor yang penting untuk meraih kesuksesan belajar akuntansi?

Hal ini tidak lain karena dalam akuntansi dasar diajarkan dasar-dasar yang sangat penting dalam kajian akuntansi, dimana jika dasar-dasar tersebut dipahami dengan baik maka kemungkinan besar kajian akuntansi yang lain dapat dikuasai dengan baik.

Sebelum kita menelusuri akuntansi dasar lebih lanjut maka perlu diketahui terlebih dahulu apa itu akuntansi?

Akuntansi dapat diartikan dalam beberapa segi, ada yang mengartikan akuntansi dari segi seni pencatatan dan adapula yang mengartikan sebagai suatu ilmu.

Secara sederhana jika akuntansi diartikan dari segi ilmu, maka akuntansi diartikan sebagai suatu ilmu yang didalamnya membahas pengeluaran keuangan dan pemasukan keuangan.

Dari pengertian yang singkat ini maka ilmu akuntansi membicarakan pengeluaran keuangan suatu perusahaan dan pemasukan keuangan suatu perusahaan dalam rangka menjalankan operasional usahanya.

Atau dengan sudut pandang lain yaitu dalam sudut pandang proses, maka akuntansi dimaknai sebagai sebuah proses pengolahan data keuangan (bukti transaksi keuangan) menjadi sebuah informasi keuangan (laporan keuangan dan sebagainya) yang dapat bermanfaat bagi semua pihak yang membutuhkan informasi akuntansi. Mungkin gambar dibawah ini dapat memperjelas pengertian akuntansi sebagai proses :

akuntansi sebagai proses

Untuk apa informasi keuangan yang telah dihasilkan dalam proses akuntansi? Informasi keuangan yang salah satunya berupa laporan keuangan sangat bermanfaat bagi beberapa pihak.

Pihak-Pihak tersebut ada yang memanfaatkan sebagai dasar pengambilan kebijakan ekonomi untuk usaha yang dijalankan, ada yang memakainya untuk analisis kredit dan kepentingan-kepentingan lainnya,

selengkapnya tentang kegunaaan informasi keuangan silahkan pahami dalam artikel dua pihak utama pengguna informasi akuntansi.




Salah satu informasi keuangan yang dihasilkan proses akuntansi adalah laporan keuangan, Apa itu laporan keuangan? Bagaimana bentuk laporan keuangan itu?

Tentu bagi anda yang baru mempelajari akuntansi akan bertanya seperti itu, itu adalah pertanyaan yang exelent yang dapat mengantarkan anda mencapai kesuksesan belajar akuntansi dasar.

Laporan keuangan memiliki 4 bentuk laporan yang utama, yaitu laporan keuangan laba-rugi, laporan perubahan modal, balance sheet atau neraca, dan Cash Flow Statement atau laporan arus kas.

Laporan keuangan dapat disusun dengan cara manual atau dengan bantuan sebuah aplikasi atau software akuntansi, jika dalam pembelajaran akuntansi dasar maka yang akan dipelajari adalah pembuatan laporan keuangan secara manual, baik pembuatan laporan keuangan atas dasar tabel persamaan akuntansi maupun pembuatan laporan keuangan melalui siklus akuntansi.

Pada awal pembelajaran akuntansi setiap siswa akan diajarkan memahami persamaan akuntansi dan membuat tabel persamaan akuntansi dan kemudian dilanjukan pembuatan laporan keuangan berdasarkan Tabel tersebut.

Setelah siswa dirasa telah mahir tentang konsep persamaan akuntansi maka selanjutnya mulai diajarkan tahap demi tahap dalam siklus akuntansi mulai dari pencatatan bukti transaksi ke dalam jurnal umum hingga dihasilkan laporan keuangan.

Siklus akuntansi merupakan suatu konsep inti dalam akuntansi dasar. Mengapa dikatakan konsep inti karena pada khakikatnya pembahasan materi akuntansi dasar, intinya adalah penyusunan laporan keuangan melalui rangkaian siklus akuntansi.

Dalam siklus akuntansi terjadi proses pengolahan bukti transaksi keuangan hingga menjadi laporan keuangan yang terjadi dalam setiap periode akuntansi.

Siklus akuntansi terdiri dari tiga tahapan utama yaitu tahap pencatatan, tahapan pengikhtisaran dan tahap pelaporan.

Dari tiga tahap tersebut akan memiliki keterkaitan yang tidak bisa terputus dan terjadi secara berulang dari periode satu keperiode berikutnya.

Sebagai point akhir penulis ingin memberi saran, dari pengalaman penulis untuk mempermudah belajar akuntansi maka biasakanlah bertanya dalam diri sendiri dalam setiap pembahasan tahap siklus akuntansi, misalnya ketika membahas jurnal penyesuaian perusahaan jasa, maka dalam diri kita harus mempunyai pertanyaan, apa itu jurnal penyesuaian? Mengapa kita harus menyusun atau membuat jurnal penyesuaian dan bagaimana menyusun jurnal penyesuaian yang benar?

Pertanyaan apa itu... akan mengantarkan kita memahami pengertian dari yang sedang kita pelajari (misal jurnal penyesuaian), pertanyaan mengapa harus menyusun... akan mengantarkan kita untuk memahami fungsi dan keterkaitan jurnal penyesuaian dengan tahap sebelum dan sesudahnya, dan pertanyaan bagaimana akan mengantarkan kita memahami cara penyusunannya.

Demikianlah pemaparan artikel Mengenal Konsep inti dalam akuntansi dasar, semoga artikel ini menjadikan diri anda memahami gambaran tentang apa saja yang ada dalam akuntansi dasar dan bagaimana cara sukses untuk menguasai akuntansi dasar.

MENGENAL KONSEP INTI DALAM AKUNTANSI DASAR Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan saudara berinteraksi dengan penulis lewat penyampaian pesan dalam kotak komentar, pesan yang saudara sampaikan dapat berupa saran, berupa kritikan, pertanyaan, ataupun berupa pesan lainnya yang bersifat membangun.