MENDESKRIPSIKAN JURNAL PENYESUAIAN ATAU ADJUSTING ENTRIES

Jurnal Penyesuaian, inilah yang akan dibahas dalam artikel ini, Khususnya terkait tentang pengertian dan alasan jurnal penyesuaian harus disusun serta dua jenis golongan akun yang perlu disesuaikan.



Pengertian jurnal penyesuaian (adjusting entries)

Jurnal penyesuaian atau dalam bahasa lain dikenal dengan adjusting entries dalam akuntansi dimaknai sebagai sebuah jurnal yang harus disusun dengan tujuan menyesuaikan saldo-saldo akun tertentu yang hingga akhir periode akuntansi belum menunjukan saldo sebenarnya.

Dengan memahami pengertian tersebut maka dapat diambil poin penting bahwa jurnal penyesuaian mutlak atau wajib disusun untuk menyesuaikan akun-akun tertentu saja yang saldonya belum sesuai dalam suatu periode.

Akun-akun tertentu yang mana? Akun-akun apa saja yang wajib disesuaikan? Pertanyaan ini dapat dijawab setelah anda memahami artikel ini dengan baik. Sebelum lebih jauh mengupas adjusting entries lebih dalam lagi, maka perlu anda kenali bentuk atau format jurnal penyesuaian berikut ini :

Format atau bentuk jurnal penyesuaian

Wahhh bentuknya mirip jurnal umum ya.., iya benar bentuknya sama dengan jurnal umum, hanya berbeda fungsinya saja. Kalau jurnal umum berfungsi untuk mencatat seluruh transaksi keuangan yang terjadi, kalau jurnal penyesuaian hanya untuk mencatat akun-akun yang perlu disesuaiakan saldonya pada akhir periode.

Dua Alasan utama jurnal penyesuaian wajib disusun

Mengapa harus membuat jurnal penyesuaian? Hal ini tidak lain karena terdapat dua buah alasan yang sangat penting. Alasan tersebut adalah sebagai berikut :
1. Alasan pertama penyusunan jurnal penyesuaian adalah karena dengan disusunnya jurnal penyesuaian dapat membuat akun-akun riil atau akun neraca (khususnya akun harta dan akun utang) menunjukkan saldo yang sebenarnya dalam akhir periode akuntansi tertentu.
2. Alasan kedua penyusunan jurnal penyesuaian adalah karena dengan disusunnya jurnal penyesuaian dapat menjadikan akun-akun laba-rugi atau nominal (akun sementara) yaitu jenis akun pendapatan dan jenis akun biaya menampilkan saldo pendapatan dan saldo biaya harus diakui pada akhir periode akuntansi tertentu.

Akun-akun yang wajib dibuatkan jurnal penyesuaian

Sebelum saya sampaikan akun atau rekening yang perlu dibuatkan jurnal penyesuaian, maka rasanya perlu saya sampaikan terlebih dahulu latar belakang disusunnya jurnal penyesuaian, selengkapnya sebagai berikut :




Dalam siklus akuntansi pada tahap “pencatatan” yaitu pencatatan bukti transaksi kedalam jurnal umum, pempostingan jurnal umum ke buku besar atau pempostingan jurnal khusus ke buku besar, dan pembuatan neraca saldo, merupakan sebuah tahap yang kegiatannya hanya melakukan pencatatan akibat terjadinya transaksi keuangan, dengan demikian hanya mencatat apa adanya.

Sehingga pada akhir periode sering kali ditemukan saldo-saldo yang tidak relevan dengan keadaan yang sebenarnya atau belum sesuai dengan kondisi rill.

Misalnya pada tanggal 1 januari dibeli perlengkapan senilai Rp 5000.000 secara tunai. Dan pada akhir bulan Januari diketahui bahwa perlengkapan tersisa Rp 200.000.

Atas dasar Transaksi pembelian perlengkapan pada tanggal 1 januari maka kemudian transaksi tersebut dicatat ke jurnal umum dengan mendebit perlengkapan senilai 5000.000 dan mengkredit Kas Rp 5000.000

setelah dicatat ke jurnal umum lalu saldo perlengkapan diposting ke buku besar posisi debit dengan nilai 5000.000, kemudian pada akhir periode dicatat dalam neraca saldo posisi debit senilai 5000.000 juga.

Jadi sejak awal pembelian pada tanggal 1 januari sampai 31 januari nilai perlengkapan 5000.000, padahal pada kondisi yang sebenarnya perlengkapan tersebut telah digunakan perusahaan dalam usahanya dan perlengkapan tersebut hanya tersisa 200.000 pada akhir periode januari,

sehingga seharusnya nilai perlengkapan hanya 200.000 bukan 5000.000,,,

nah akibat ketidaksesuaian inilah maka munculah jurnal penyesuaian untuk menyesuaikan saldo-saldo akun yang belum sesuai hingga pada akhir periode.

Mudah-mudahan anda paham latar belakang kewajiban menyusun jurnal penyesuaian. Selanjutnya simaklah jenis-jenis akun yang wajib disesuaikan pada akhir periode dibawah ini.

Ditinjau dari sudut transaksinya maka, ada dua transaksi yang memerlukan penyesuaian, yaitu transaksi keuangan yang sudah dicatat tetapi pada akhir periode harus disesuaikan yang kedua transaksi yang belum dicatat padahal transaksinya telah dilakukan.

Golongan transaksi yang pertama adalah pemakaian perlengkapan ,penyusutan aktiva tetap, beban dibayar dimuka, pendapatan diterima dimuka.

Sedangkan golongan transaksi yang kedua adalah beban yang masih harus dibayar dan pendapatan yang masih harus diterima. Untuk memahami lebih lanjut tentang pembuatan jurnal penyesuaian silahkan pahami cara mudah membuat jurnal penyesuaian perusahaan jasa.

MENDESKRIPSIKAN JURNAL PENYESUAIAN ATAU ADJUSTING ENTRIES Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan saudara berinteraksi dengan penulis lewat penyampaian pesan dalam kotak komentar, pesan yang saudara sampaikan dapat berupa saran, berupa kritikan, pertanyaan, ataupun berupa pesan lainnya yang bersifat membangun.