LATIHAN SOAL PENYUSUNAN KERTAS KERJA

Apakah anda ingin memantapkan penguasaan dalam penyusunan kertas kerja? Jika iya maka anda tidak salah untuk memahami artikel ini, tetapi jika anda belum tahu sama sekali apa itu kertas kerja? Maka saya sarankan untuk memahami terlebih dahulu artikel tentang pengertian,fungsi dan bentuk kertas kerja serta baca juga artikel 5 langkah tepat menyusun kertas kerja.



Sebagaimana disebutkan diatas bahwa artikel ini bertujuan untuk memantapkan penguasaan dalam penyusunan kertas kerja atau neraca lajur,

jadi disini anda dianggap telah mengerti kedua pembahasan artikel diatas, dan diartikel ini dimantapkan sehingga anda benar-benar mampu menyusun kertas kerja khususnya untuk perusahaan jasa.

Untuk memantapkan penguasaan penyusunan kertas kerja maka salah satunya adalah dengan latihan soal menyusun kertas kerja.

Baik langsung saja berikut ini akan diberikan ilustrasi soal dalam perusahaan jasa, silahkan simak dan pahami.

Ilustrasi soal penyusunan kertas kerja



Pada akhir periode akuntansinya salon zhafira telah membuat neraca saldo dan jurnal penyesuaian dalam periode akuntansi berjalan, sehingga langkah berikutnya adalah penyusunan laporan keuangan,

namun sebelum menyusun laporan keuangan zhafira salon memutuskan untuk membuat kertas kerja agar laporan keuangannya dapat dibuat lebih mudah dan teliti.

Bantulah zhafira salon untuk menyusun kertas kerja pada periode 31 desember 2014.

Neraca saldo zhafira salon pada akhir periode

contoh neraca saldo perusahaan jasa salon

Jurnal penyesuaian zhafira salon pada akhir periode

Jurnal penyesuaian zhafira salon pada akhir periode

Dengan mendasarkan pada neraca saldo dan jurnal penyesuaian zhafira salon diatas maka dapat dibuat kertas kerja sebagai berikut :

Contoh Kertas kerja perusahaan jasa

Cara menyusun kertas kerja seperti yang tampak pada gambar diatas adalah dengang beberapa tahap berikut ini (amati juga gambarnya):

Langkah-langkah menyusun kertas kerja

a) Memindahkan neraca saldo dan jurnal penyesuaian kedalam kertas kerja tanpa mengubah besarnya saldo maupun posisi debit kreditnya, jadi hanya memindahkan saja.

Apabila dalam jurnal penyesuaian terdapat nama akun yang tidak tercantum pada neraca saldo, maka tempatkan nama akun tersebut dibawah nama-nama akun neraca saldo yang telah dipindahkan ke dalam kertas kerja.

b) Setelah neraca saldo dan jurnal penyesuaian dipindahkan maka isilah kolom neraca saldo disesuaikan dengan cara menjumlahkan atau mengurangi saldo pada kolom neraca saldo dengan saldo pada kolom penyesuaian.

Apabila terdapat akun yang tidak ada penyesuaiannya maka dapat langsung dipindahkan ke neraca saldo disesuaikan, sebaliknya jika ada penyesuaian yang tidak ada saldo dalam kolom neraca saldonya maka dapat langsung pindahkan ke neraca saldo disesuaikan.

Proses penyusunan kertas kerja atau neraca lajur perusahaan jasa

c) Memindahkan seluruh akun nominal yaitu akun pendapatan dan beban (dalam gambar berwarna hijau) kedalam kolom laba-rugi seseuai debit dan kreditnya.

Dan memindahkan akun riil (dalam gambar berwarna biru) yaitu akun harta (aktiva), akun hutang dan akun modal ke dalam kolom neraca sesuai debit dan kreditnya.

d) Menjumlahkan semua kolom kertas kerja mulai kolom penyesuaian, neraca saldo disesuaiakan, laba-rugi, dan neraca sehingga dapat diketahui saldo total debit dan kredit kolom-kolom tersebut.

Untuk kolom penyesuaian dan neraca saldo disesuaikan, akan menghasilkan besar saldo total yang sama antara debit dan kreditnya dalam masing-masing kolom tersebut, sedangkan kolom laba-rugi dan neraca akan menghasilkan besar saldo yang berbeda antara debit dan kreditnya kecuali jika dalam perusahaan itu terjadi impas tidak laba-tidak rugi.

Jika perusahaan tersebut laba maka saldo dalam kolom laba-rugi akan menunjukan saldo kredit yang lebih besar sedangkan jika rugi maka menunjukan saldo debit yang lebih besar.

Pada kolom neraca jika terjadi laba maka akan menunjukan saldo debit yang lebih besar dan jika rugi maka akan menunjujan saldo kredit yang lebih besar.

Dengan demikian selisih antara debit dan kredit pada kolom laba-rugi dan kolom neraca menunjukan saldo laba atau saldo rugi perusahaan

Demikianlah pembahasan latihan soal penyusunan kertas kerja. Perlu diketahui bahwa selain melalui kertas kerja pembuatan laporan keuangan juga dapat dilakukan dengan tabel persamaan akuntansi, selengkapnya silahkan pahami pembuatan laporan keuangan atas dasar data dalam tabel persamaan akuntansi. Semoga yang dibahas dalam artikel ini dapat memantapkan penguasaan anda dalam menyusun kertas kerja khusunya untuk perusahaan jasa.

LATIHAN SOAL PENYUSUNAN KERTAS KERJA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

2 komentar:

  1. ada contoh soal yang sampe dari buku besar sampai kertas kerja gak????

    kunbalnya dongse sekalian k blog gw >> rima-yunida.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk sekarang ini soal-soal akuntansi yang tersedia masih bersifat terpisah atau terbatas pada masing-masing pembahasan tahap siklus akuntansi, misalnya soal penyusunan kertas kerja hanya berlaku untuk pembahasan kertas kerja, soal jurnal umum hanya berlaku untuk pembahasan jurnal umum dsb. Namun ke depan dalam blog ini akan diusahakan untuk menyediakan soal akuntansi yang berlaku untuk semua tahap siklus akuntansi mulai dari jurnal umum hingga laporan keuangan.

      Delete

Silahkan saudara berinteraksi dengan penulis lewat penyampaian pesan dalam kotak komentar, pesan yang saudara sampaikan dapat berupa saran, berupa kritikan, pertanyaan, ataupun berupa pesan lainnya yang bersifat membangun.