CONTOH SOAL JURNAL UMUM PERUSAHAAN JASA

Jurnal umum merupakan first record atau pencatatan yang pertama kali dilakukan dalam siklus akuntansi. Ketika sebuah perusahaan jasa menjalankan kegiatan operasionalnya maka perusahaan jasa tersebut harus mencatat semua transaksi keuangannya secara historis kedalam jurnal umum.



Bagi saudara yang belum tahu apa itu jurnal umum, silahkan pahami dalam artikel pengertian jurnal umum dan fungsinya dalam akuntansi.

Dalam artikel ini akan ditampilkan sebuah ilustrasi kronologi terjadinya transaksi keuangan pada perusahaan jasa milik Salon zhafira dalam bulan juni 2014 yang dilanjutkan dengan penjurnalan yang dilakukan oleh salon zhafira.

Silahkan simak beberapa transaksi keuangan yang terjadi dalam salon zhafira berikut ini:

Contoh soal jurnal umum dalam praktik perusahaan jasa

Zhafira pada pertengahan tahun 2014 tepatnya bulan juni 2014 mendirikan sebuah usaha salon kecantikan yang diberi nama salon zhafira. Berikut ini adalah transaksi keuangan yang terjadi pada bulan juni 2014:

1 juni zhafira menginvestasikan uang kas sebesar 8.000.000 dan kendaraan roda dua sebanyak 3 unit untuk kepentingan usahanya senilai 40.000.000.

3 Juni, Terjadi transaksi Pembelian perlengkapan salon dengan tunai senilai 250.000 rupiah

5 juni, terjadi transaksi Pembelian peralatan salon dengan harga total 4000.000, yang dibeli secara tunai senilai 2.500.000 sedangkan sisanya dilakukan secara kredit dengan pelunasan 2 bulan kemdian.

6 Juni, Salon zhafira membayar iklan dibayar dimuka untuk 1 tahun atau 12 bulan dari bulan juni 2014 sampai bulan mei 2015 dengan total biaya iklan yang dikeluarkan Rp 1.200.000

7 Juni, Salon zhafira menerima pendapatan jasa dari pelanggannya sebesar Rp 800.000

17 Juni, Salon zhafira menerima faktur atas tagihan senilai Rp 2.500.000 untuk saudara Sinta atas biaya jasa pelayanan tata rias dan petnataan rambut yang telah dilakukan salon zhafira.

19 Juni, Salon zhafira mendapat dana pinjaman dari sebuah bank dengan total pinjaman yang diterima 5.000.000 rupiah

23 Juni, Zhafira sebagai pemilik salon mengambil uang tunai untuk keperluannya senilai 400.000

25 juni, Salon zhafira membayar biaya tagihan rekening telepon, air dan tagihan listrik untuk bulan juni dengan total Rp 300.000

28 Juni, salon zhafira membayar gaji 3 orang karyawati-nya untuk satu bulan dengan total gaji yang dibayarkan Rp 1.500.000

30 Juni, Salon zhafira membayar angsuran pinjaman kepada bank senilai 200.000

Penyelesaian penyusunan Jurnal umum perusahaan jasa



Setelah terjadinya transaksi keuangan maka otomatis munculah bukti transaksi keuangan, selanjutnya bukti transaksi keuangan tersebut dicatat berurutan sesuai tanggal terjadinya transaksi tersebut ke dalam jurnal umum.

Selengkapnya jurnal umum yang dibuat salon zhafira dalam bulan juni 2014 adalah berikut ini :

contoh jurnal umum perusahaan jasa

Demikianlah penyajian soal jurnal umum dan jawabnnya, jika anda masih kurang jelas proses penjurnalannya silahkan pahami dalam artikel cara mudah menyusun jurnal umum perusahaan jasa. Semoga dengan membaca artikel-artikel dalam blog indoakuntansi ini pemahaman saudara tentang akuntansi dasar dapat meningkat khusunya tentang jurnal umum.

CONTOH SOAL JURNAL UMUM PERUSAHAAN JASA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

2 komentar:

  1. Kapan sebuah transaksi dimasukan debet/kredit ? masih belum ngerti sama konsepnya :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebuah transaksi keuangan akan mengakibatkan sebuah akun digolongkan kedalam debit atau kredit, nah "bagaimana cara menganalisa untuk menggolongkan kedalam debit atau kredit" inilah yang ditanyakan mas agus,, jawaban singkat dari saya " langkah 1 kita harus mengenali akun apa yang terlibat dalam transaksi itu, misalnya saat ada transaksi penerimaan pendapatan jasa maka akun yang terlibat ada dua yaitu akun pendapatan dan akun kas. langkah 2 kita harus tahu efek dari transaksi terhadap akun yang terlibat itu, apakah menambah saldo akun itu ataukah mengurangi, jika penerimaan pendapatan maka tentunya akan terjadi penambahan kas dan penambahan akun pendapatan, langkah 3 kita harus ingat saldo normal akun, jika kas (salah satu golongan harta) saldo normalnya "jika terjadi penambahan maka harus di debit sebaliknya jika terjadi pengurangan maka harus dikredit" dan akun pendapatan saldo normalnya "jika terjadi penambahan maka di kredit sebaliknya jika terjadi pengurangan maka di debit" saya sarankan mas agus membaca artikel "cara analisa bukti transaksi keuangan dengan mudah...

      Delete

Silahkan saudara berinteraksi dengan penulis lewat penyampaian pesan dalam kotak komentar, pesan yang saudara sampaikan dapat berupa saran, berupa kritikan, pertanyaan, ataupun berupa pesan lainnya yang bersifat membangun.