CONTOH SOAL JURNAL PENYESUAIAN BEBAN YANG MASIH HARUS DIBAYAR

Beban yang masih harus dibayar dalam akuntansi disebut juga dengan hutang beban. Beban jenis ini terjadi jika dalam akhir periode akuntansi suatu perusahaan terdapat beban yang masih menjadi tanggungan perusahaan, dan beban tersebut belum dapat dibayar oleh perusahaan sehingga beban tersebut dicatat sebagai hutang.



Beban yang masih harus dibayar harus dibuatkan jurnal penyesuaiannya, hal ini karena pada dasarnya beban tersebut telah diakui oleh perusahaan pada periode bersangkutan tetapi belum dibayar dan belum dicatat dalam periode tersebut oleh perusahaan sehingga perlu dicatat dalam jurnal penyesuaian sebagai hutang (...) atau beban (...) yang masih harus dibayar dan mengakui adanya beban (....) tersebut dalam laporan laba-rugi sehingga laporan keuangan baik laba-rugi atau neraca dapat disusun dengan akurat.

Jurnal penyesuaian yang harus dibuat untuk beban yang masih harus dibayar adalah mendebit beban..... dan mengkredit Utang .... atau dapat juga dicatat dengan mendebit beban.... dan mengkredit beban ... yang masih harus dibayar.

Agar lebih jelas simaklah contoh soal berikut ini, namun sebelumnya tidak ada salahnya anda memahami dulu artikel sebelumnya untuk menjawab pertanyaan tentang apa dan mengapa harus menyusun jurnal penyesuaian dan contoh penyusunan jurnal penyesuaian penyusutan aktiva tetap.

Ilustrasi pencatatan beban yang masih harus dibayar dalam jurnal penyesuaian

Contoh soal pertama:
Salon Zhafira biasanya membayar gaji para karyawannya setiap hari sabtu sebesar Rp 240.000 untuk enam hari kerja. Pada tahun ini ketika akhir periode akuntansi (31 desember) ternyata jatuh pada hari selasa. Buatlah jurnal penyesuaian yang tepat untuk salon zhafira!

Perhitungan dan analisis:
Berdasarkan ilustrasi diatas maka dapat diketahui bahwa shalon zhafira mempunyai baban gaji yang masih harus dibayar kepada karyawannya mulai dari hari selasa, rabu, kamis, jumat dan sabtu sehingga ada 5 hari kerja yang harus dibayarkan gajinya kepada karyawan dengan kata lain perusahaan mempunyai hutang gaji 5 hari kepada karyawan, perhitungan rincinya adalah sebagai berikut :

Hutang gaji (Gaji yang masih harus dibayar) = 5/6 x 240.000,- = 200.000 rupiah
Hutang gaji ini dicatat dalam jurnal penyesuaian adalah sebagai berikut :
Jurnal Penyesuaiannya:

Jurnal penyesuaian untuk gaji yang masih harus dibayar

Beban gaji ditempatkan di debit karena telah terjadi penambahan beban gaji sedangkan hutang gaji atau gaji yang masih harus dibayar ditempatkan dikredit karena telah terjadi penambahan hutan gaji.

Contoh soal kedua:


Pada bulan februari salon zhafira meminjam hutang dibank sebesar Rp 6000.0000 dengan bunga bank sebesar 12% pertahun. Beban bunga harus dibayarkan setiap bulan pada tanggal 20 bulan tersebut. Hitunglah hutang bunga pada bulan desember 2014, dan buatlah jurnal penyesuaiannya!

Perhitungan dan analisis :
Utang bunga atau beban bunga yang masih harus dibayar wajib dibuatkan jurnal penyesuaian hal ini karena pada khakikatnya beban bunga bank itu telah menjadi beban bunga Salon zhafira, tetapi belum dicatat dan belum dibayar sampai akhir periode.

Untuk mengetahui berapa besar hutang bunga salon zhafira yang harus diakui sebagai beban bunga pada bulan desember 2014, adalah dengan perhitungan sebagai berikut :

Pembayaran beban bunga setiap tanggal 20 tiap bulannya sehingga yang menjadi beban bunga pada bulan desember terhitung mulai tanggal 20 desember hingga 31 desember yaitu sebanyak 11 hari.

Beban Bunga 1 tahun =  12% x 6.000.000 = Rp 720.000
Beban Bunga 1 bulan = 720.000 : 12  = Rp 60.000
Beban Bunga 1 Hari = 60.000 : 30  = Rp 2000
Jadi Bunga 11 hari = 2000 x 11   = Rp 22.000

Atau dengan perhitungan = (12% x 6000.000 x11 ) : 360
                                               = Rp 22.000
Jurnal Penyesuaian yang dibuat salon zhafira adalah :

Jurnal penyesuaian untuk beban bunga bank yang masih harus dibayar

Beban bunga bank ditempatkan di debit karena telah terjadi penambahan beban bunga tersebut sedangkan hutang bunga atau beban bunga yang masih harus dibayar ditempatkan dikredit karena telah terjadi penambahan hutan bunga bank.

Demikianlah pembahasan cara menyusun jurnal penyesuaian untuk beban yang masih harus dibayar, setelah memahami artikel ini pahami pula contoh soal penyusunan jurnal penyesuaian piutan pendapatan. Semoga dengan kedua contoh soal diatas saudara dapat memahami penyusunan jurnal penyesuaian beban yang masih harus dibayar.

CONTOH SOAL JURNAL PENYESUAIAN BEBAN YANG MASIH HARUS DIBAYAR Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan saudara berinteraksi dengan penulis lewat penyampaian pesan dalam kotak komentar, pesan yang saudara sampaikan dapat berupa saran, berupa kritikan, pertanyaan, ataupun berupa pesan lainnya yang bersifat membangun.