CONTOH KASUS JURNAL PENYESUAIAN BIAYA DIBAYAR DIMUKA

Selamat datang Situs Akuntansi Dasar..., dalam artikel ini akan dibahas cara menyusun jurnal penyesuaian untuk biaya dibayar dimuka.



Dalam pemabahasan ini akan dijelaskan dua buah pendekatan dalam mennyesuaiakan akun biaya dibayar dimuka, yaitu pendekatan neraca dan pendekatan laba-rugi.

Pendekatan neraca dapat juga disebut pendekatan harta dan pendekatan laba-rugi disebut juga pendekatan beban atau biaya.

Untuk membahas proses penyusunan jurnal penyesuaian biaya dibayar dimuka dalam artikel ini akan disajikan contoh kasus tentang transaksi biaya dibayar dimuka hingga proses penyesuaiannya dalam akhir periode.

Pengertian biaya dibayar dimuka dalam akuntansi

Biaya dibayar dimuka dimaknai dalam akuntansi sebagai biaya-biaya maupun beban-beban yang telah dibayarkan pada suatu periode akuntansi, namun sebenarnya sebagian dari biaya atau beban tersebut bukan biaya atau beban pada periode tersebut melainkan biaya atau beban yang harus dibayarkan pada periode akuntansi selanjutnya.

Contoh biaya dibayar dimuka antara lain biaya asuransi, biaya sewa gudang atau sewa apapun, beban iklan dan sebagainya.

Baik biaya asuransi, biaya iklan maupun biaya sewa ketiganya adalah biaya yang harus dibayarkan perusahaan diawal atau dimuka padahal sebenarnya biaya tersebut berlangsung hingga periode berikutnya.

Misalnya Salon zhafira membayar asuransi dibayar dimuka untuk 2 tahun pada 1 januari 2014 sebesar 5000.000.

Dari contoh ini maka biaya sebesar 5000.000 harus dibayar salon zhafira kepada perusahaan asuransi pada awal, padahal asuransi tersebut berlangsung 2 tahun yaitu sampai tahun berikutnya (tahun 2015)

Biaya dibayar dimuka dapat dicatat dengan 2 pendekatan yaitu pendekatan neraca dan pendekatan laba-rugi.

Perusahaan harus memilih dari salah satu pendekatan tersebut dalam pembukuannya, tidak boleh menggunakan kedua-duanya.

Penggunaan pendekatan tersebut harus dilakukan secara konsisten dimulai saat pencatatan dalam jurnal umum dan diikuti pencatatan selanjutnya hingga terbentuk laporan keuangan.

Selengkapnya tentang penerapan kedua pendekatan tersebut adalah sebagai berikut :

Contoh Soal transaksi biaya dibayar dimuka



Pada bulan Juni 2014, salon Zhafira membayar premi asuransi dengan tunai untuk 12 bulan atau 1 tahun senilai 12.000.000 rupiah.

Berdasarkan contoh soal transaksi di atas, berikut ini akan dilakukan pennyusunan jurnal umum dan penyusunan jurnal penyesuaian dengan pendekatan neraca dan laba-rugi, silahkan amati dibawah ini :

Jurnal umum yang dibuat salon zhafira pada saat transaksi yaitu bulan Juni 2014 dengan pendekatan neraca (dicatat sebagai harta yaitu “asuransi dibayar dimuka atau piutang asuransi”)
(Db) Asuransi dibayar dimuka........Rp 12.000.000
       (Kr) Kas.....................................Rp 12.000.000

Jurnal umum yang dibuat salon zhafira pada saat transaksi yaitu bulan Juni 2014 dengan pendekatan laba-rugi (dicatat sebagai beban yaitu “beban asuransi”)
(Db) Beban asuransi....................Rp 12.000.000
       (Kr) Kas.......................................Rp 12.000.000   
   

Jurnal penyesuaian biaya dibayar dimuka dengan pendekatan neraca

Jurnal penyesuaian dibuat pada akhir periode, akhir periode pada salon zhafira adalah setiap 31 desember. Jurnal penyesuaian asuransi dibayar dimuka yang disusun pada 31 desember 2014 adalah sebagai berikut:

Jurnal penyesuaian biaya dibayar dimuka dengan pendekatan neraca

Analisis dan perhitungan :
Asuransi dibayar dimuka salon zhafira dari bulan Juni sampai bulan desember 2014 telah berkurang 7000.000 karena jasa asuransi telah dinikmati oleh salon zhafira dalam tahun 2014 adalah 7 bulan (bulan Juni samapai Bulan Desember).

Perhitungannya adalah (7/12) x 12.000.000 = 7000.000. Dalam jurnal terlihat beban asuransi ditempatkan di debit, hal ini karena asuransi dibayar dimuka yang telah dinikmati harus diakui sebagai akun beban asuransi sehingga munculah (bertambahlah) saldo akun beban asuransi, sesuai prosedur aturan debit dan kredit jika beban bertambah maka harus didebit.

Sebaliknya asuransi dibayar dimuka ditempatkan dikredit, hal ini karena saldo asuransi dibayar dimuka telah berkurang karena telah dinikmati dari Juni s/d desember 2014.

Jurnal penyesuaian biaya dibayar dimuka dengan pendekatan Laba-rugi

Jurnal penyesuaian dibuat pada akhir periode, akhir periode pada salon zhafira adalah setiap 31 desember. Jurnal penyesuaian asuransi dibayar dimuka yang disusun pada 31 desember 2014 adalah sebagai berikut:

Jurnal penyesuaian biaya dibayar dimuka dengan pendekatan Laba-rugi

Analisis dan perhitungan:
Beban asuransi salon zhafira dari bulan Juni sampai bulan desember 2014 yang harus diakui adalah sebesar 7000.000 (perhitungannya {7/12} x 12.000.000).

Sementara dalam jurnal umum telah tercatat 12.000.000 sehingga agar dalam penyusunan laporan laba-rugi dapat melaporkan bahwa beban asuransi 7000.000 harus dilakukan penyesuaian dengan cara mengkredit beban asuransi sebesar 5000.000 dalam jurnal penyesuaian.

Dengan disusunnya jurnal penyesuaian maka beban asuransi akan menunjukan saldo sebesar 7000.000 (dari saldo debit dalam jurnal umum 12.000.000 dikurangi saldo kredit 5000.000 dalam jurnal penyesuaian).

Demikianlah pembahasan Contoh kasus jurnal penyesuaian biaya dibayar dimuka, selanjutnya pahamilah materi tentang penyusunan jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka.

Semoga setelah memaba artikel ini dengan seksama anda dapat memahami penyusunan jurnal penyesuaian biaya dibayar dimuka baik dengan pendekatan neraca maupun pendekatan laba-rugi.

CONTOH KASUS JURNAL PENYESUAIAN BIAYA DIBAYAR DIMUKA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan saudara berinteraksi dengan penulis lewat penyampaian pesan dalam kotak komentar, pesan yang saudara sampaikan dapat berupa saran, berupa kritikan, pertanyaan, ataupun berupa pesan lainnya yang bersifat membangun.