CARA POSTING JURNAL UMUM KE BUKU BESAR SECARA TEPAT

Apakah arti dari istilah posting? Nah sebelum membahas panjang lebar tentang cara memposting jurnal umum ke buku besar, terlebih dahulu perlu diketahui apa itu sebenarnya “posting”.



Dalam akuntansi dasar kita akan berkenalan dengan istilah baru yang mungkin masih asing ditelinga. Contohnya posting (apakah publis artikel diblog? Bukan itu, contoh lain buku besar (apakah buku yang besar? Tentu bukan),,,

langsung saja kita bahas pengertian posting dalam ilmu akuntansi, posting atau memposting adalah suatu kegiatan atau proses memindahkan semua akun dalam jurnal beserta saldo akun tersebut kedalam buku besar.

Proses posting jurnal umum ke buku besar dilakukan secara berkala maksudnya ketika terjadi transaksi keuangan maka munculah bukti transaksi setelah itu bukti transaksi keuangan tersebut langsung dicatat dalam jurnal umum dan langsung pula diposting ke buku besar jadi singkatnya posting dilakukan tiap ada pencatatan bukti transaksi dalam jurnal umum, inilah yang dimaksud “berkala”.

Namun jika posting dari jurnal khusus ke buku besar dilakukan secara periodik, selengkapnya tentang hal ini silahkan simak dalam cara posting jurnal khusus ke buku besar.

Nah sampai sini, diharapkan anda sudah mengetahui yang dimaksud posting, sekarang bagaimana cara atau teknik memposting dari jurnal umum ke buku besar?

Selengkapnya akan diuraikan dalam artikel ini. Sebelum kegiatan posting dilakukan maka langkah awal yang harus dilakukan adalah memasukan saldo awal masing-masing buku besar (jika ada kalau tidak ada saldo awal tulis saja 0 atau tidak usah ditulis),

Saldo awal tiap akun buku besar dapat anda temukan dalam daftar neraca saldo awal perusahaan atau disebut juga neraca ahir pada periode sebelumnya.

Setelah saldo awal terisi maka langkah selanjutnya adalah memindahkan saldo dalam jurnal umum ke buku besar sesuai akun masing-masing...

Ah pusing kalau Cuma teori saja, mungkin anda akan berkata demikian, untuk itu dalam artikel ini akan diberikan contoh kegiatan posting jurnal umum ke buku besar. Silahkan simak ilustrasi berikut ini :


Pada bulan januari 2014 tepatnya tanggal 5 perusahaan” zhafira salon” yang bergerak dalam bidang jasa tata rias kecantikan untuk wanita membeli beberapa perlengkapan seperti sampo, krim pemutih wajah dan sebagainya dengan harga Rp 700.000, perusahaan zhafira membeli perlengkapan tersebut secara tunai.

Nah,, setelah perusahaan zhafira melakukan transaksi pembelian maka dilakukanlah pencatatan bukti transaksi pembelian tersebut ke jurnal umum. Adapun jurnal umum yang dibuat adalah sebagai berikut :

jurnal umum pembelian perlengkapan

Dalam jurnal umum terlihat pada kolom ref masih kosong, mengapa? hal ini karena jurnal umum ini belum diposting ke buku besar, jika telah diposting maka kolom ref akan terisi kode akun buku besar yang bersangkutan.

Setelah membuat jurnal umum seperti diatas maka, selanjutnya mempostingnya ke dalam buku besar, proses postingnya adalah sebagai berikut :

Gambar teknis atau Cara Memposting jurnal ke Buku Besar


Cara Posting Jurnal Umum Ke Buku Besar secara tepat

Terlihat dalam jurnal umum ada dua buah akun yang telah dicatat yaitu akun perlengkapan dan akun kas, sehingga buku besar yang kita buat adalah dua buah yaitu buku besar akun kas dengan kode akun 111, dan buku besar akunperlengkapan dengan kode akun 121,

jika anda belum tau kode akun masing-masing akun silahkan pahami post penggolongan kode akun.

Nah saya kira demikian untuk pembahasan dalam artikel ini, jika masih binggung silahkan bertanya lewat komentar, semoga pembahasan ini dapat menambah pemahaman anda tentang cara posting jurnal umum ke buku besar.

CARA POSTING JURNAL UMUM KE BUKU BESAR SECARA TEPAT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

2 komentar:

  1. kak Andi, biar mudah menyusun neraca saldo gimana ya, kalau akun buku besarnya begitu banyak, klo baru pertama kali praktik an pusing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk menyusun neraca saldo pada dasarnya hanya memindahkan saldo akhir dari masing-masing buku besar, jika saldo akhir suatu buku besar Rp xxx pada posisi debet maka tinggal pindahkan saja nama akun buku besar dan saldonya tersebut tanpa merubah apapun, apalagi merubah nominalnya,,untuk jelasnya silahkan pahami artikel "cara mudah menyusun neraca saldo"

      Delete

Silahkan saudara berinteraksi dengan penulis lewat penyampaian pesan dalam kotak komentar, pesan yang saudara sampaikan dapat berupa saran, berupa kritikan, pertanyaan, ataupun berupa pesan lainnya yang bersifat membangun.