CARA MUDAH POSTING JURNAL KHUSUS KE BUKU BESAR

Posting ke Buku Besar merupakan salah satu langkah dalam siklus akuntansi. Pada pembahasan sebelumnya telah dibahasa cara posting dari jurnal umum kedalam buku besar, proses posting tersebut lazimnya dilakukan pada langkah dalam siklus akuntansi perusahaan jasa. Nahh untuk artikel ini akan dibahas langkah posting jurnal khusus ke buku besar, proses posting ini lazimnya dilakukan dalam siklus akuntansi perusahaan dagang tiap periodik biasanya tiap akhir periode.



Cara melakukan posting dari jurnal khusus ke buku besar, dalam hal ini “buku besar” yang dimaksud adalah buku besar utama bukan buku besar pembantu, sangatlah mudah.

Mengapa mudah? Karena dalam cara memposting jurnal khusus ke buku besar caranya hanya memindahkan saldo akun tertentu kedalam buku besar akun tersebut apa adanya,

maksud dari apa adanya adalah jika saldo akun tertentu berada diposisi kredit maka dipindahkan ke buku besar juga posisi kredit, tentunya dengan besarnya atau jumlah saldo yang tercatat dalam jurnal khusus (tidak boleh ditambah jumlahnya apalagi dikurangi).

Perlu diingat juga sebelum melakukan posting isi dulu buku besar dengan saldo awal akun-akun buku besar jika memang akun tersebut mempunyai saldo awal, jika tidak punya ya tentu tidak usah diisi (harus jujur jika ada diisi jika tidak ada tidak usah diisi)

saldo awal dapat dilihat pada neraca awal dalam periode tersebut. Nah secara lengkap simaklah aturan pempostingan jurnal khusus ke buku besar berikut ini :

Prosedur posting Jurnal Khusus Ke Buku Besar



(1) Menambahkan semua saldo akun-akun dalam jurnal khusus pada kolom masing-masing.

(2) Memindahkan saldo akun yang telah dijumlahkan sebagaimana disebut dalam poin 1, ke Buku besar masing-masing akun, Saldo yang dipindahkan dari jurnal khusus ke buku besar tidak boleh ditambah atau dikurangi serta posisinya juga tidak boleh dirubah (jika posisi dalam jurnal debit maka ketika dipindahkan ke buku besar juga harus debit dan sebaliknya)

(3) Menuliskan kode akun untuk akun yang dipindahkan pada buku besar, dan ditulis di pojok kanan atas buku besar tersebut.

(4) Mencatat Kode Halaman jurnal khusus yang dipindahkan pada kolom Ref pada buku besar.

(5) Setelah memposting akun atau rekening kolom serba-serbi dalam jurnal khusus ke buku besar, maka catatlah kode akunnya kedalam kolom ref yang ada dikolom serba-serbi, dan berilah tanda check list (V) pada ref jurnal khusus, hal ini menandakan bahwa jurnal khusus itu sudah diposting.

Untuk memperlancar pemahaman cara memposting ke buku besar dari jurnal khusus, silahkan amati gambar berikut ini :

Cara mudah memposting jurnal khusus ke buku besar

Dari gambar diatas mudah-mudahan dapat memperjelas pemahaman anda terkait teknik posting jurnal khusus ke buku besar dalam perusahaan dagang.

Sebagaimana yang disebutkan diatas buku besar yang dimaksud dalam artikel ini adalah buku besar utama buka buku besar pembantu, jika anda ingin tahu apa sebenarnya buku besar pembantu itu, silahkan pahami dalam artikel pengertian dan jenis buku besar pembantu.

Demikianlah ulasan tentang Cara mudah posting Jurnal Khusus Ke Buku Besar, semoga berguna untuk anda.

CARA MUDAH POSTING JURNAL KHUSUS KE BUKU BESAR Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan saudara berinteraksi dengan penulis lewat penyampaian pesan dalam kotak komentar, pesan yang saudara sampaikan dapat berupa saran, berupa kritikan, pertanyaan, ataupun berupa pesan lainnya yang bersifat membangun.