CARA MUDAH MENYUSUN JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN DAGANG

Jurnal penyesuaian perusahaan dagang pada khakikatnya sama dengan jurnal penyesuaian perusahaan jasa. Namun ada akun khusus yang perlu disesuaikan dalam perusahaan dagang dan akun ini tidak mungkin ada dalam perusahaan jasa, akun tersebut adalah “persediaan barang dagang”.



Mengapa disebutkan bahwa persediaan barang dagang tidak mungkin ada dalam perusahan jasa? Tentu saja karena dalam perusahaan jasa tidak melayani transaksi jual beli barang, melainkan melayani penyediaan jasa tertentu, jadi tidak mungkin ada akun persediaan barang dagang.

Persediaan barang dagangan setiap akhir periode akuntansi harus disesuaikan saldonya, karena saldo persediaan barang dagang pada awal periode dan saldo periode akhir periode jumlahnya berbeda,

Mengapa saldo persediaan awal dan akhir berbeda hal ini karena dari awal sampai akhir periode pastinya telah terjadi transaksi keuangan yang mengakibatkan bertambah atau berkurangnya saldo persediaan barang dagang,

misalnya transaksi pembelian barang dagang, penjualan barang dagang dan sebagainya sehingga pada akhir periode saldo persediaan barang dagang jumlahnya berbeda dengan saldo persediaan barang dagang pada awal, dan yang harus dilaporkan dalam laporan keuangan adalah saldo persediaan akhir,

dengan demikian saldo persediaan awal yang telah tercatat harus disesuaikan dengan kondisi yang sebenarnya hingga akhir periode.

Jurnal penyesuaian untuk menyesuaikan persediaan barang dagang ada dua pendekatan yaitu penyesuaian dengan pendekatan ikhtisar laba rugi dan penyesuaian dengan pendekatan Harga Pokok Penjualan (HPP). Dalam penggunaan pendekatan ikhtisar laba-rugi terdapat dua langkah penting yang perlu dilakukan yaitu :

Jurnal penyesuaian perusahaan dagang dengan pendekatan ikhtisar laba rugi

1.Mentransfer saldo persediaan barang dagang awal ke akun ikhtisar laba-rugi
2. Memunculkan dengan cara mendebet saldo akun persediaan barang dagang ahir dan mengkredit ikhtisar laba rugi. Kedua langkah ini selengkapnya adalah sebagai berikut:

Jurnal penyesuaian perusahaan dagang dengan pendekatan ikhtisar laba rugi

Jurnal penyesuaian perusahaan dagang dengan pendekatan HPP



Pendekatan yang kedua dalam menyesuaikan akun persediaan barang dagang adalah pendekatan HPP.

Harga pokok penjualan atau dapat ditulis dengan HPP dalam ilmu akuntansi diartikan sebagai harga perolehan barang barang dagang yang dapat terjual, HPP dapat difungsikan sebagai dasar dalam perhitungan keuntungan yang ditetapkan oleh sebuah perusahaan.

HPP memiliki sejumlah unsur yaitu Persediaan barang dagangan awal, persediaan barang dagang ahir, pembelian barang dagang, potongan pembelian, beban angkut pembelian dan Retur pembelian.

Apabila perusahaan menggunakan pendekatan HPP dalam menyesuaikan persediaan barang dagang maka perusahaan harus menjurnal kelima (5) unsur yang ada dalam HPP tersebut dengan cara memindahkannya kedalam akun HPP (Harga pokok penjualan).

Selengkapnya tentang jurnal-jurnal yang harus dibuat untuk menyesuaikan persediaan barang dengan pendekatan HPP adalah sebagai berikut :

Jurnal penyesuaian perusahaan dagang dengan pendekatan HPP

Pada gambar diatas nampak bahwa kelima unsur HPP dibuatkan jurnal semua, namun pada praktiknya penjurnalan unsur-unsur tersebut tergantung kondisi perusahaan, jika dalam perusahaan tidak terjadi retur pembelian maka tidak usah menjurnal unsur retur pembelian dan sebagainya.

Demikianlah pembahasan utama untuk jurnal penyesuaian dalam perusahaan dagang, untuk penyesuaian akun-akun lainnya seperti penyesuaian akun perlengkapan, penyesuaian akun penyusutan peralatan dan sebagainya,

penyusunannya sama dengan jurnal penyesuaian dalam perusahaan jasa, jadi untuk memahami penyesuaian akun tersebut silahkan klik link tersebut.

Setelah anda memahami artikel ini maka dianjurkan anda juga membaca artikel contoh kasus jurnal penyesuaian dalam praktik perusahaan dagang. Semoga dengan membaca artikel ini anda dapat lebih memahami tentang jurnal penyesuaian perusahaan dagang.

CARA MUDAH MENYUSUN JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN DAGANG Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan saudara berinteraksi dengan penulis lewat penyampaian pesan dalam kotak komentar, pesan yang saudara sampaikan dapat berupa saran, berupa kritikan, pertanyaan, ataupun berupa pesan lainnya yang bersifat membangun.