CARA MUDAH MEMBUAT NERACA SALDO PERUSAHAAN DAGANG

Setelah sebelumnya dibahas tentang langkah menyusun neraca saldo untuk perusahaan jasa, maka dalam artikel ini dibahas langkah mudah membuat neraca saldo pada perusahaan dagang.



Pada prinsipnya langkah-langkah menyusun neraca saldo pada perusahaan jasa maupun pada perusahaan dagang tidak berbeda.

Sebagaimana dalam perusahaan jasa, untuk menyusun neraca saldo pada perusahaan dagang pun bersumber pada buku besar.

Hanya saja jika dalam perusahaan jasa lazimnya buku besar-nya merupakan hasil proses pempostingan jurnal umum,

sedangkan dalam perusahaan dagang buku besar-nya merupakan hasil dari pempostingan jurnal khusus.

Telah disinggung diatas bahwa pada prinsipnya penyusunan neraca saldo usaha jasa dengan usaha dagang adalah sama,

jika dalam artikel sebelumnya untuk menyusun neraca saldo perusahaan jasa dapat dilakukan dengan 4 langkah mudah, maka dalam perusahaan dagang juga sama, empat langkah tersebut adalah sebagai berikut :

4 langkah simple dalam menyusun neraca saldo perusahaan dagang




(1) Gambarlah format neraca saldo yang terdiri dari 4 kolom dengan alat tulis

(2) Meninjau dan mengamati kembali buku besar yang sudah disusun dalam periode yang sama dengan neraca saldo yang disusun.

(3) Setelah meninjau dan mengamati buku besar yang anda susun sebelumnya, selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memindahkan kode rekening atau akun dalam buku besar, nama akun serta saldo total semua akun dalam buku besar kedalam neraca saldo yang sudah saudara buat formatnya pada langkah satu di atas.

(4) Langkah keempat, setelah langkah 3 dilakukan maka sekarang jumlahkanlah saldo debit dalam neraca saldo dan saldo kredit dalam neraca saldo secara vertikal dari atas kebawah,

setelah itu amati jika saldo total debit neraca saldo dan saldo total kredit neraca saldo jumlahnya sama (balance), maka baik buku besar maupun neraca saldo telah benar secara matematis, dan sebaliknya jika saldo total antara debit dan kredit dalam neraca saldo tidak sama, maka kemungkinan besar neraca saldo dan buku besar yang telah dibuat salah.

Nah Untuk menambah kejelasan keempat langkah diatas, silahkan simak gambar berikut ini :

Gambar proses pembuatan neraca saldo perusahaan dagang

cara mudah membuat neraca saldo perusahaan dagang

Gambar di atas menunjukan proses penyusunan neraca saldo dalam perusahaan dagang sebagian saja, yaitu untuk akun kas, piutang dagang, penjualan dan retur pembelian.

Gambar Neraca saldo di atas tidak menunjukan saldo total neraca saldo yang sama, hal ini karena neraca saldo di atas hanyalah neraca saldo sebagian, bukan neraca saldo yang utuh.

Tujuan dari gambar di atas adalah untuk menunjukan cara membuat neraca saldo yang bersumber dari buku besar.

Semoga gambar tersebut dapat memberikan pemahaman kepada anda terkait prosedur penyusunan neraca saldo perusahaan dagang.

Kesimpulan
Neraca saldo perusahaan dagang disusun setelah tahap pempostingan jurnal khusus ke buku besar, hal ini karena untuk dapat membuat neraca saldo sumbernya adalah “buku besar”.

sesudah tahap penyusunan neraca saldo maka tahap berikutnya dalam siklus akuntansi adalah penyusunan jurnal penyesuaian perusahaan dagang, silahkan anda pahami artikel tersebut dengan baik. Demikianlah pembahasan cara mudah menyusun neraca saldo perusahaan dagang.

CARA MUDAH MEMBUAT NERACA SALDO PERUSAHAAN DAGANG Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan saudara berinteraksi dengan penulis lewat penyampaian pesan dalam kotak komentar, pesan yang saudara sampaikan dapat berupa saran, berupa kritikan, pertanyaan, ataupun berupa pesan lainnya yang bersifat membangun.