CARA MUDAH MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN

Laporan keuangan dalam sebuah perusahaan atau instansi pemerintah merupakan hal penting yang harus dibuat secara rutin dan kontinue.


Laporan keuangan sangat penting bagi beberapa pihak yang berkepentingan, diantara pihak yang membutuhkan laporan keuangan adalah pemilik perusahaan, pemilik ini sangat membutuhkan laporan keuangan perusahaan yang dimilikinya diantaranya untuk mengetahui kondisi atau gambaran keuangan yang ada diperusahaannya, bagaimana prosepek kedepannya dan sebagainya.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang laporan keuangan, terlebih dahulu kita harus mengetahui makna dari laporan keuangan, apakah pengertian yang benar tentang laporan keuangan dalam akuntansi?

Dalam ilmu akuntansi Laporan keuangan dimaknai sebagai laporan yang memuat informasi keuangan perusahaan atau instansi pemerintah dalam suatu periode akuntansi tertentu yang menggambarkan kinerja dari perusahaan atau instansi pemerintah tersebut.

Bentuk Laporan keuangan yang utama meliputi bentuk laporan keuangan laba-rugi, bentuk laporan keuangan perubahan modal, neraca dan laporan arus kas.

Melalui keempat bentuk laporan keuangan tersebut dapat dianalisis kinerja sebuah perusahaan, apakah perusahaan tersebut mengalami perkembangan yang pesat ataukah perusahaan akan mengalami kebangkrutan.

Melalui keempat jenis laporan tersebut juga dapat dijadikan dasar dalam penentuan kebijakan ekonomi yang akan diambil manager.

4 bentuk laporan keuangan

Dengan demikian pada dasarnya laporan keuangan disusun karena memiliki kegunaan atau tujuan diantaranya adalah laporan keuangan dapat menginformasikan kondisi keuangan perusahaan yang meliputi harta atau kekayaan perusahaan, kewajiban-kewajiban perusahaan, dan modal yang dimiliki perusahaan secara akurat.

Tujuan yang kedua menginformasikan sumber kekayaan netto perusahaan secara akurat kepada pihak yang berkepentingan.

Dan sebagai media para pengguna informasi akuntansi untuk menaksir kemampuan sebuah perusahaan dalam menghasilkan laba.

Setelah mengetahui deskripsi singkat tentang laporan keuangan diatas, seanjutanya bagaimanakah cara membuat laporan keuangan yang sesuai dengan prosedur akuntansi?

Sebagaimana dalam judul artikel ini maka disini akan dibahas tentang tahap penyusunan laporan keuangan. Sebelum anda berlatih membuat laporan keuangan mungkin anda perlu melihat dulu bentuk laporan keuangan,

jika anda ingin melihatnya silahkan lihat dalam artikel bentuk laporan keuangan perusahaan jasa atau dagang, atau bentuk laporan keuangan perusahaan industri.


Laporan keuangan dapat disusun dengan beberapa cara, dapat disusun dengan menggunakan software akuntansi yang relevan misalnya myob accounting, dapat disusun dengan Program MS.Exel (dengan formula tertentu), dan dapat juga disusun secara manual baik melalui Tabel PDA (tabel persamaan dasar akuntansi) maupun melalui siklus akuntansi.

Dalam situs www.akuntansidasar.com ini memfokuskan penyusunan laporan keuangan melalui cara manual yaitu dengan siklus akuntansi.

Apabila laporan keuangan disusun melalui siklus akuntansi maka laporan keuangan di susun setelah penyusunan kertas kerja, atau setelah penyusunan neraca saldo dan jurnal penyesuaian.

Kertas kerja dalam proses pembuatan laporan keuangan berfungsi mempermudah penyusunan laporan keuangan, dikatakan mempermudah karena jika menyusun laporan keuangan bantuan kertas kerja maka kita hanya memindahkan data dalam kolom kertas kerja menjadi laporan keuangan, jadi tinggal mengutip saja.

Laporan keuangan harus disusun secara urut mulai dari laporan laba-rugi perusahaan, dilanjutkan penyusunan laporan perubahan modal, dan penyusunan neraca lalu diakhiri dengan penyusunan laporan arus kas.

Untuk memperjelas penyusunan laporan keuangan maka diblog ini dibahas secara terpisah untuk tujuan memperjelas pemahaman pembaca, silahkan baca dan pahami penyusunan keempat laporan keuangan tersebut dengan klik link berikut :

Cara pembuatan laporan keuangan dalam akuntansi

  1. Pembuatan laporan keuangan laba-rugi
  2. Pembuatan Laporan keuangan perubahan modal
  3. Pembuatan laporan keuangan neraca
  4. Pembuatan laporan keuangan arus kas
Demikianlah pemaparan Cara mudah membuat laporan keuangan, artikel ini merupakan artikel pendahuluan dalam cara membuat laporan keuangan.

Untuk memahami penyusunan laporan keuangan secara lengkap dan tepat sesuai prosedur akuntansi silahkan anda menuju ke empat bentuk laporan keuangan diatas. Mudah-mudahan anda dapat mahir membuat laporan keuangan dengan benar.

CARA MUDAH MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

1 komentar:

Silahkan saudara berinteraksi dengan penulis lewat penyampaian pesan dalam kotak komentar, pesan yang saudara sampaikan dapat berupa saran, berupa kritikan, pertanyaan, ataupun berupa pesan lainnya yang bersifat membangun.