CARA MUDAH MEMBUAT JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN JASA

Jurnal penyesuaian sifatnya wajib dibuat agar semua akun yang dimiliki perusahaan menampilkan saldo yang seseai dengan kondisi keuangan perusahaan yang sebenarnya dalam periode akuntansi tertentu.



Dalam perusahaan jasa memiliki 6 akun utama yang wajib disesuaikan setiap akhir periode, hal ini sebagaimana disebutkan dalam artikel sebelumnya yaitu pengertian dan alasan menyusun jurnal penyesuaian. Adapun Keenam akun tersebut adalah sebagai berikut.

6 Akun yang wajib dibuatkan jurnal penyesuaian diakir periode

Akun Penyusutan atau depresiasi aktiva tetap

Aktiva tetap wajib dibuatkan jurnal penyesuaian karena aktiva tetap jika telah digunakan maka nilainya akan berkurang bahkan dapat habis nilai ekonomisnya jika aktiva tetap itu sama sekali tidak dapat dipakai lagi.
cara mudah membuat jurnal penyesuaian dengan logika
Contohnya ketika membeli alat pangkas rambut yang baru, nilainya Rp 3000.000 (nilai sesuai harga perolehannya), namun setelah 1 tahun digunakan untuk operasional jasa salon zhafira, maka alat pangkas rambut tersebut nilainya sudah berkurang atau menyusut menjadi 2.500.00.  Sesuai contoh ini maka kita dapat memahami bahwa aktiva tetap perlu disesuaikan pada akhir periode karena nilai aktiva tetap akan terus berkurang karena aktiva tersebut digunakan, pengurangan nilai tersebut disebut penyusutan dan diperlakukan sebagai beban penyusutan aktiva tetap.

Jurnal penyesuaian untuk adanya penyusutan aktiva tetap adalah dengan mendebit akun beban penyusutan dan mengkedit akun akumulasi penyusutan aktiva tetap, atau dapat juga dengan mendebit beban penyusutan aktiva tetap dan mengkredit aktiva tetap yang bersangkutan. Untuk contoh penyusunannya silahkan lihat cara penyusunan jurnal penyesuaian untuk penyusutan aktiva tetap.

Akun Biaya atau beban yang masih harus dibayar

Akun biaya atau beban yang masih harus dibayar atau dikenal juga dengan sebutan utang beban, dalam akuntansi dimaknai sebagai beban atau biaya yang telah menjadi kewajiban suatu perusahaan, namun perusahaan itu belum mencatatnya dan belum membayar beban.

Misalnya; beban gaji karyawan yang belum dilunasi perusahaan hingga akhir periode. Selengkapnya tentang penyusunannya pahami dalam cara mencatat beban yang masih harus dibayar dalam jurnal penyesuaian.

Akun piutang pendapatan atau pendapatan yang masih harus diterima

Akun pendapatan yang masih harus diterima atau nama lainnya piutang pendapatan, dalam akuntansi dimaknai sebagai pendapatan yang sebenarnya sudah menjadi hak suatu perusahaan, namun pendapatan tersebut belum diterima oleh perusahaan secara tunai hingga akhir periode.

Selengkapnya tentang cara menjurnalnya silahkan pahami dalam analisis soal penyusunan jurnal penyesuaian piutang pendapatan.

Akun pemakaian perlengkapan 



Pemakaian perlengkapan harus dibuatkan jurnal penyesuaian, hal ini karena perlengkapan nilainya akan semakin berkurang jika perlengkapan tersebut telah dipakai atau dikonsumsi.

Contohnya pada awal bulan Shalon zhafira membeli shampo untuk jasa salonnya selama satu bulan senilai 200.000, setelah akhir bulan sampo tersebut tersisa sedikit saja dan ditaksir nilainya hanya tinggal 10.000 saja.

Nah berdasarkan kondisi itu berarti zhafira salon harus merubah saldo perlengkapan yang telah dicatat senilai 200.000 menjadi 10.000, untuk merubahnya maka dibutuhkan jurnal penyesuaian.

Untuk selengkapnya tentang cara penyusunannya silahkan pahami contoh soal penyusunan jurnal penyesuaian pemakaian perlengkapan.

Akun Biaya dibayar dimuka atau Prepaid expenses

Akun atau rekening biaya dibayar dimuka dalam akuntansi dimaknai sebagai segala biaya yang telah dibayarkan perusahaan tetapi sebenarnya biaya tersebut dibebankan untuk periode  akuntansi yang akan datang.

Contohnya pada tanggal 1 April 2014 Salon Zhafira membayar biaya sewa kantor untuk masa 2 tahun, yaitu tahun 2014 dan 2015 sebesar 10.000.000.

Berdasarkan contoh ini maka salon zhafira pada tanggal 1 april tersebut mempunyai saldo akun biaya dibayar dimuka sebesar 10.000.000, namun ketika akhir periode tahun 2014 yaitu 31 desember saldo akun biaya dibayar dimuka akan berkurang karena sebagian dari saldo tersebut harus diakui sebagai beban yaitu mulai bulan april hingga bulan desember 2014,

untuk itulah perlu disesuaikan saldonya ketika akhir periode, selengkapnya tentang cara penyusunannya siahkan pahami dalam, contoh soal penyusunan jurnal penyesuaian biaya dibayar dimuka.

Akun Pendapatan diterima dimuka atau Prepaid income 

Akun pendapatan diterima dimuka dalam akuntansi dimaknai sebagai pendapatan yang telah diterima oleh perusahaan dari pelanggannya, namun pada dasarnya pendapatan tersebut adalah  pendapatan untuk periode mendatang.

Contohnya, pada 1 januari 2014, Zhafira salon menerima uang tunai dari pelanggannya sebesar 2000.000 untuk perawatan rambut pelanggannya atas nama efi untuk 2 tahun,

nah saldo akun pendapatan diterima dimuka pada akhir tahun 2014 saldonya akan berkurang bukan lagi sebesar 2000.000 tetapi tinggal 1000.000, hal ini karena selama bulan januari sampai desember 2014 sebagian saldo pendapatan yang diterima dimuka tersebut harus diakui sebagai pendapatan periode 2014.

Selengkapnya tentang cara penyusunan jurnal penyesuaian akun pendapatan diterima dimuka silahkan pahami dalam contoh soal jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka.

Setelah memahami penyesuaian untuk akun-akun dalam perusahaan jasa maka pahami pula jurnal penyesuaian yang digunakan untuk perusahaan dagang. Demikianlah pembahasan cara mudah membuat jurnal penyesuaian perusahaan jasa, semoga dapat dijadikan bahan belajar anda.

CARA MUDAH MEMBUAT JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN JASA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

1 komentar:

Silahkan saudara berinteraksi dengan penulis lewat penyampaian pesan dalam kotak komentar, pesan yang saudara sampaikan dapat berupa saran, berupa kritikan, pertanyaan, ataupun berupa pesan lainnya yang bersifat membangun.