ANALISIS JURNAL PENYESUAIAN PIUTANG PENDAPATAN

Piutang pendapatan dalam akuntansi dapat juga disebut sebagai pendapatan yang masih harus diterima.



Piutang pendapatan sering terjadi dalam perusahaan jasa yang kegiatannya memberi pelayanan jasa. Piutang pendapatan dapat terjadi salah satunya ketika perusahaan telah memberi pelayanan jasa kepada pelanggannya namun pelanggan tersebut belum membayar jasa yang telah dinikmatinya hingga akhir periode.

contohnya salon zhafira telah melayani pelanggan yang membutuhkan penataan rambut, namun pelanggan tersebut belum membayar jasa penataan rambut tersebut hingga akhir periode akuntansi salon zhafira.

Piutang pendapatan juga dapat terjadi jika terdapat pendapatan bunga yang belum diterima baik pendapatan bunga bank maupun pendapatan bunga wesel tagih dan pendapatan bunga lainnya yang belum diterima perusahaan hingga akhir periode.

Agar lebih jelas tentang penyusunan jurnal penyesuaian piutang pendapatan atau pendapatan yang masih harus diterima silahkan simak soal dan penyelesaiannya berikut ini, namun sebelum menyimaknya saya anjurkan anda untuk memahami artikel tentang khakikat jurnal penyesuaian dan alasan mengapa dibutuhkan jurnal penyesuaian.

Soal jurnal penyesuaian tentang piutang pendapatan

Soal pertama : tentang pendapatan usaha yang masih harus diterima
Salon zhafira telah menyelesaikan pekerjaannya dalam menata rambut dan make up pelanggannya, namun pelanggan tersebut hingga akhir periode belum membayar jasa yang diberikan salon zhafira sebesar Rp 800.000. Buatlah jurnal penyesuaian yang sesuai dengan data tersebut!

Analisis dan penyusuanan jurnal penyesuaian :
Berdasarkan data diatas maka dapat diketahui salon zhafira mempunyai pendapatan yang masih harus diterima dari pelanggannya yang telah memakai jasa penataan rambut,

sehingga dari data tersebut akan mengakibatkan penambahan saldo pendapatan jasa (karena telah memberi jasa penataan rambut) dan menimbulkan akun pendapatan yang masih harus diterima atau piutang pendapatan (karena pelanggan belum membayar jasa tata rambut kepada salon zhafira),

besarnya pendapatan jasa dan pendapatan jasa yang masih harus diterima atau piutang pendapatan adalah Rp 800.000. Selengkapnya jurnal penyesuaian yang dibuat sesuai data diatas yaitu :

cara membuat jurnal penyesuaian piutang pendapatan

Akun piutang pendapatan jasa ditempatkan di debit hal ini karena telah terjadi penambahan (memunculkan) piutang pendapatan, dan sesuai prosedur atau aturan dalam akuntansi jika harta (termasuk piutang) bertambah maka harus ditempatkan didebit,

sedangkan akun pendapatan jasa ditempatkan dikredit karena telah terjadi penambahan (memunculkan) pendapatan jasa, sesuai aturan akuntansi maka jika terjadi penambahan pendapatan maka harus ditempatkan dikredit. Jika anda lupa aturan debit dan kredit silahkan pahami dalam proses analisa bukti transaksi keuangan.

Contoh kedua: tentang pendapatan diluar usaha yang masih harus diterima


Salon zhafira menyimpan kas usaha salonnya dibank, selama menyimpan uangnya dibank salon zhafira mendapat bunga 12 % per tahun dari besar simpanannya sebesar 100.000.000.

bunga diterima salon zhafira setiap bulan pada tanggal 1 bulan berikutnya. Hitunglah besarnya piutang bunga dan buatlah jurnal penyesuaiannya pada akhir periode!

Analisis dan penyusuanan jurnal penyesuaian:
Berdasarkan data diatas maka yang menjadi piutang pendapatan bunga adalah pendapatan bunga pada akhir periode (bulan desember) yaitu bunga 1 bulan,

hal ini karena pendapatan bunga bulan desember baru diterima pada bulan berikutnya yaitu januari. Sehingga perhitungan bunga yang masih harus diterima adalah sebagai berikut :

1 (bulan) x 1% (bunga 1 bulan) x 100.000.000 =  Rp 1000.000
Jurnal penyesuaian untuk pendapatan bunga yang masih harus diterima adalah:

jurnal penyesuaian piutang pendapatan bunga

Akun piutang pendapatan bunga ditempatkan di debit hal ini karena telah terjadi penambahan (memunculkan) piutang pendapatan bunga, dan sesuai prosedur atau aturan dalam akuntansi jika harta (termasuk piutang bunga) bertambah maka harus ditempatkan didebit,

sedangkan akun pendapatan bunga ditempatkan dikredit karena telah terjadi penambahan (memunculkan) pendapatan diluar usaha yang berupa pendapatan bunga, sesuai aturan akuntansi maka jika terjadi penambahan pendapatan maka harus ditempatkan dikredit.

Demikianlah pembahasan proses penyusunan dan analisis jurnal penyesuaian piutang pendapatan, setelah memahai artikel ini untuk menunjang pemahaman anda tentang akuntansi dasar maka disarankan kepada anda untuk memahami jurnal penyesuaian akibat pemakaian perlengkapan. Semoga apa yang dibahasa dalam artikel ini dapat menambah pemahaman anda tentang cara analisis dan penyusunan jurnal penyesuaian piutang pendapatan

ANALISIS JURNAL PENYESUAIAN PIUTANG PENDAPATAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan saudara berinteraksi dengan penulis lewat penyampaian pesan dalam kotak komentar, pesan yang saudara sampaikan dapat berupa saran, berupa kritikan, pertanyaan, ataupun berupa pesan lainnya yang bersifat membangun.