10 BIDANG - BIDANG AKUNTANSI YANG UTAMA

Akuntansi memiliki bidang-bidang yang diperuntukan secara khusus terhadap suatu hal tertentu.



Bidang - bidang Akuntansi yang perlu diketahui terdapat 10 bidang utama yaitu bidang akuntansi keuangan, bidang akuntansi manajeman, bidang akuntansi auditing, bidang akuntansi biaya, bidang akuntansi anggaran, bidang akuntansi pajak, bidang akuntansi pemerintahan, bidang akuntansi pendidikan, bidang akuntansi sosial dan bidang sistem akuntansi.

Secara lengkap deskripsi dari kesepuluh bidang - bidang akuntansi tersebut adalah sebagai berikut :

Bidang Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)

bidang-bidang akuntansi
Bidang akuntansi keuangan merupakan sebuah bidang akuntansi yang terkait dengan pelaporan keuangan yang ditujukan untuk semua pihak di  luar perusahaan. Kegiatan dalam bidang akuntansi keuangan yaitu melakukan pencatatan kegiatan yang bersifat finansial dengan tujuan untuk menyajikan laporan keuangan yang meliputi laporan keuangan laba-rugi, Neraca, laporan keuangan arus kas dan laporan perubahan modal atau laporan laba ditahan dalam periode tertentu. Laporan keuangan sangat bermanfaat bagi pihak-pihak pengguna laporan keuangan untuk dijadikan dasar dalam penentuan kebijakan finansial dan keputusan yang tepat.

Bidang Akuntansi Manajemen (Management Accounting)

Bidang Akuntansi Manajemen merupakan sebuah bidang Akuntansi yang memiliki tujuan memberikan informasi untuk manajemen sebagai dasar untuk menjalankan usahanya.

Akuntansi manajemen memiliki beberapa fungsi bagi manajemen diantaranya memonitor arus kas,  mengendalikan kegiatan perusahaan dan menilai alternatif dalam pengambilan keputusan.

Bidang Akuntansi Auditing (Pemeriksaan Akuntansi)

Bidang Akuntansi auditing merupakan sebuah bidang Akuntansi yang kegiatannya melakukan pemeriksaan hasil pencatatan dan hasil laporan keuangan suatu badan, baik perusahaan maupun instansi pemerintah.

Bidang ini berhubungan dengan audit secara bebas  terhadap laporan yang dihasilkan oleh akuntansi keuangan. 

Tujuan utama akuntansi auditing adalah agar badan (perusahaan ataupun pemerintah) dapat menyajikan informasi akuntansi yang dapat dipercaya. Konsep yang menjadi dasar dalam auditing adalah konsep objektifitas, konsep independensi dari auditor (pemeriksa), pengumpulan bukti relevan dan konsep  kerahasiaan.

Bidang Akuntansi Biaya (Cost Accounting)

Bidang Akuntansi Biaya adalah sebuah bidang Akuntansi yang melakukan pencatatan, perhitungan dan melakukan analisis data biaya pada perusahaan manufaktur dalam  rangka penentuan besarnya HPP (harga pokok produksi) produk.

Bidang akuntansi biaya memiliki penekanan pada pada penetapan dan pengontrolan biaya. Akuntansi biaya memiliki fungsi utama yaitu mengumpulkan data terkait biaya dan  menganalisis data tentang biaya, baik biaya yang akan terjadi maupun biaya yang sudah terjadi.

Bidang akuntansi Pengganggaran (Budgeting)




Bidang akuntansi Peranggaran adalah bidang Akuntansi yang memiliki kegiatan menyusun anggaran, baik anggaran pendapatan maupun anggaran biaya berdasarkan pedoman atau standar tertentu dari suatu badan.

Bidang akuntansi pengganggaran yaitu meliputi penyusunan rencana keuangan tentang kegiatan perusahaan dalam jangka waktu tertentu pada masa yang akan datang serta menganalisis dan mengawasinya.

Anggaran disini diartikan sebagai sarana untuk menjabarkan tujuan perusahaan yang berisi rencana kegiatan yang akan dilaksanakan disertai nominal uang yang dianggarkan di masa yang akan datang.

Bidang Akuntansi Perpajakan (Tax Accounting)

Bidang akuntansi Perpajakan adalah sebuah bidang Akuntansi yang memfokuskan tentang hal pajak yang harus dibayarkan wajib pajak badan maupun perseorangan kepada pemerintah.

Dalam bidang akuntansi perpajakan membahas tentang semua hukum terkait pajak dan perhtiungannya dalam menentukan besamya pajak yang harus dibayar.

Bidang Akuntansi Pemerintahan (Governmental Accounting)

Bidang Akuntansi Pemerintahan merupakan sebuah bidang Akuntansi Keuangan yang praktikan dalam lembaga pemerintahan.

Akuntansi Pemerintahan memiliki tujuan untuk menghasilkan laporan keuangan, pengendalian keuangan dan pengawasan keuangan pemerintah.

Bidang akuntansi pemerintahan mengkhususkan diri pada pencatatan dan pelaporan semua transaksi dalam badan pemerintahan. Akuntansi pemerintahan menghasilkan laporan akuntansi mengenai aspek kepengurusan dari administrasi keuangan pemerintah.

Bidang Akuntansi Pendidikan (Education Accounting)

Bidang Akuntansi Pendidikan merupakan sebuah bidang akuntansi yang kegiatannya terfokus pada akuntansi dalam bidang pendidikan, meliputi kegiatan belajar dan mengajarkan teori dan konsep-konsep akuntansi. Akuntan yang bergelut dalam bidang akuntansi pendidikan disebut akuntan pendidik.

Bidang Sistem Akuntansi (Accounting System)

Bidang Sistem Akuntansi merupakan sebuah bidang Akuntansi yang kegiatannya merancang sebuah cara untuk melakukan pencatatan akuntansi agar aman, efisien dan efektif, mulai dari proses mengorganisir dokumen dan formulir-formulir hingga penyusunan prosedur pencatatannya.

Bidang Akuntansi Sosial (Social Accounting)

Bidang Akuntansi Sosial merupakan sebuah bidang akuntansi yang kegiatannya mengarah pada masalah kemasyarakatan. contohnya menyediakan informasi terkait kondisi ekonomi secara makro, informasi kepadatan penduduk yang dikaitkan dengan penghasilan.

Demikianlah pembahasan 10 Bidang - bidang akuntansi yang utama, semoga pengetahuan seputar bidang akuntansi ini dapat menunjang pemahaman anda tentang akuntansi.

10 BIDANG - BIDANG AKUNTANSI YANG UTAMA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan saudara berinteraksi dengan penulis lewat penyampaian pesan dalam kotak komentar, pesan yang saudara sampaikan dapat berupa saran, berupa kritikan, pertanyaan, ataupun berupa pesan lainnya yang bersifat membangun.