MEMAHAMI PERSAMAAN AKUNTANSI SECARA SEDERHANA

Persamaan akuntansi digunakan untuk mengetahui keseimbangan antara kekayaan perusahaan dengan sumber pembelanjaan suatu perusahaan atau organisasi.



Kekayaan yang dimiliki sebuah perusahaan disebut harta perusahaan, Istilah lain dalam akuntansi untuk harta ialah aktiva.

Dalam konsep akuntansi, yang tergolong dalam aktiva bukan hanya uang tunai atau kas, tetapi meliputi juga semua hak yang dapat dinilai dengan uang misalnya piutang usaha, pelengkapan dan peralatan yang dimiliki perusahaan, persediaan barang dagangan, gedung, tanah san sebagainya.

Aktiva sebuah perusahaan dapat berasal dari investasi atau penanaman penanaman modal pemiliknya dan dapat juga berasal dari pinjaman yang diperoleh dari pihak ketiga, yang termasuk pihak ketiga misalnya bank, kreditor dan sebagainya.

Penanaman modal atau investasi dari pemilik perusahaan disebut “modal pemilik” atau dapat dicatat dengan singkat modal saja.

Sedangkan pinjaman dari pihak ketiga merupakan kewajiban perusahaan kepada pihak ketiga yang harus dilunasi pada waktu yang telah disepakati, kewajiban kepada pihak ketiga ini dikenal dengan hutang.

Untuk memahami persamaan akuntansi dengan baik silahkan simak ilustrasi berikut ini:

Contoh Soal Persamaan akuntansi



Misalnya pak Roni mendirikan sebuah perusahaan perseorangan dengan nama Makmur jaya dengan mengivestasikan uang tunai sejumlah Rp. 6.000.000 ke dalam perusahaan yang didirikannya.

Dari ilustrasi di atas maka dapat dikatakan bahwa aktiva perusahaan itu pada tanggal pendiriannya hanya terdiri dari uang tunai sebanyak Rp. 6.000.000.

Dengan demikian besar modal pemilik perusahaan itu tentu juga Rp. 6000.000. Apabila dinyatakan dalam sebuah persamaan akuntansi, maka ditulis dengan persamaan Aktiva = Modal

Persamaan akuntansi

Tetapi, Misalkan Pak Roni mendirikan perusahaannya dengan uang tunai sejumlah Rp 6.000.000 tersebut berasal dari Investasi pak roni sebesar Rp 4.000.000 dan pinjaman pihak ketiga Rp 2.000.000, Maka dalam hal ini persamaan akuntansinya dapat ditulis dengan persamaan Aktiva = Hutang + Modal.

Berdasarkan ilustrasi diatas maka dapat diketahui bahwa persamaan akuntansi pada khakikatnya adalah keseimbangan antara aktiva dengan sumber aktiva tersebut.

Pada pengelolaan suatu perusahaan maka akan banyak dijumpai transaksi-transaksi keuangan yang terjadi, semua transaksi keuangan tersebut harus dicatat dengan kaidah yang berlaku dalam persamaan akuntansi yang prinsipnya adalah adanya keseimbangan antara aktiva dan sumber aktiva.


Kesimpulan

Persamaan akuntansi dapat diartikan sebagai persamaan yang menunjukan hubungan aktiva, hutang, modal, pendapatan dan beban.

Persamaan akuntansi ditulis dengan persamaan: Aktiva = Modal atau Aktiva = Utang + Modal atau dapat juga ditulis dengan Aktiva = utang + (Modal-Prive) + (Pendapatan-beban). Demikianlah pembahasan persamaan akuntansi secara sederhana dalam Situs www.akuntansidasar.com, semoga bermanfaat.

MEMAHAMI PERSAMAAN AKUNTANSI SECARA SEDERHANA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan saudara berinteraksi dengan penulis lewat penyampaian pesan dalam kotak komentar, pesan yang saudara sampaikan dapat berupa saran, berupa kritikan, pertanyaan, ataupun berupa pesan lainnya yang bersifat membangun.