MEMAHAMI PENGERTIAN AKUNTANSI SECARA BENAR

Bagi para sahabat yang ingin memahami mata pelajaran akuntansi dengan baik, maka terlebih dahulu sahabat harus memahami pengertian akuntansi dengan benar.



Hal ini sejalan dengan ungkapan “tak kenal maka tak sayang” begitu juga dalam mempelajari akuntansi, yang perlu saudara lakukan pertama kali adalah mengenali akuntansi dengan baik sehingga dalam mempelajarinya dapat berjalan dengan mudah.

Akuntansi dapat diartikan sebagai proses pencatatan, pengelompokan, pengikhtisaran hingga pengkomunikasian transaksi keuangan yang terjadi dalam suatu periode tertentu dalam sebuah perusahaan atau organisasi, sehingga memungkinkan dilakukan penilaian dan pengambilan keputusan bagi pihak-pihak yang berkepentingan baik pihak intern maupun ekstern.

Pengkomunikasian transaksi-transaksi keuangan meliputi penyusunan informasi keuangan yang salah satu bentuknya adalah laporan keuangan, dan penganalisisan serta penginterpretasian isi laporan keuangan tersebut

Akuntansi itu apa?

pengertian akuntansi

Menurut American Accounting Association  Akuntansi adalah suatu proses pengidentifikasian  , pengukuran dan pelaporan informasi ekonomi yang memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas oleh mereka yang menggunakan informasi  keuangan tersebut . Dari pengertian ini dapat disimpulkan sebagai berikut :

1. Masukan Akuntansi sebagai sistem informasi adalah informasi ekonomi  dari kegiatan transaksi perusahaan, informasi ekonomi ini berwujud bukti transaksi yang terjadi akibat adanya transaksi keuangan yang dilakukan perusahaan atau organisasi.

2. Masukan akuntansi tersebut diolah melalui proses identifikasi , pengukuran , pengikhtisaran (peringkasan) dan pelaporan untuk menghasilkan keluaran yang berupa informasi keuangan salah satunya berwujud laporan keuangan .

3. Keluaran akuntansi tersebut digunakan sebagai  penunjang pengambilan keputusan  usaha bagi pemakai informasi akuntansi.


Pengertian akuntansi sebagaimana telah diungkap diatas terkandung 2 buah point penting yaitu sebagai berikut:

a.Bahwa akuntansi dimaknai memikiki kegiatan utama yaitu pencatatan bukti transaksi, pengelompokan, pengikhtisaran dan pengukuran serta pelaporan informasi keuangan diantaranya meliputi laporan keuangan kepada pihak yang berkepentingan terhadap informasi keuangan yang telah dihasilkan dalam proses akuntansi.

b.Bahwa informasi keuangan yang dihasilkan oleh akuntansi diharapkan dapat dimanfaatkan untuk menjadi pertimbangan dalam penilaian dan pengambilan keputusan terkait dengan perusahaan yang bersangkutan

Dari uraian di atas terdapat istilah “transaksi keuangan”, Istilah transaksi keuangan dalam akuntansi diartikan dengan segala tindakan atau peristiwa yang secara langsung dapat dinyatakan dalam satuan uang.

Jadi sesuatu transaksi yang tidak dapat dinilai dengan uang bukanlah data akuntansi, salah satu transaksi yang bukan transaksi keuangan adalah penerimaan siswa baru disekolah SMA 3,

meskipun ini sebuah transaksi atau peristiwa yang terjadi di SMA 3 namun peristiwa ini tidak dapat dinilai dengan satuan uang, berbeda dengan peristiwa pembelian sejumlah LCD proyektor oleh SMA 3 untuk melengkapi fasilitas pembelajaran senilai Rp 10.000.000, kalau yang ini jelas peristiwa yang dapat dinilai dengan uang secara langsung sehingga dapat digolongkan sebagai trasaksi keuangan.

Tujuan utama akuntansi adalah menghasilkan informasi keuangan dari suatu perusahaan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Salah satu informasi keuangan  yang dihasilkan oleh akuntansi adalah laporan keuangan yang terdiri dari laporan keuangan laba-rugi, laporan perubahan modal, neraca,dan laporan arus kas.

Informasi keuangan tadi berguna bagi pihak-pihak di dalam maupun di luar perusahaan. Kegunaan informasi keuangan, terutama adalah untuk pengambilan keputusan dan pertanggungjawaban.

Untuk menghasilkan informasi keuangan, perusahaan perlu menerapkan suatu metode dalam proses pencatatan, penggolongan dan pengikhtisaran semua kegiatan yang terkait dengan keuangan suatu perusahaan dan dilanjutkan dengan pelaporan keuangan selama periode tertentu

Kesimpulan
Akuntansi dapat diartikan sebagai suatu proses, yaitu proses dalam pengidentifikasi bukti transaksi keuangan, proses pencatatan, proses pengikhtisaran hingga pada proses pelaporan informasi keuangan perusahaan selama periode tertentu.

Jadi dalam proses akuntansi inputnya adalah bukti transaksi keuangan yang telah terjadi dalam periode bersangkutan sedangkan out putnya adalah informasi keuangan yang salah satu wujudnya berupa laporan keuangan yang terdiri dari laporan laba rugi, lap. perubahan modal, neraca dan lap. arus kas dalam suatu perusahaan.

Demikianlah pembahasan pengertian akuntansi secara benar khususnya dilihat dari segi proses-nya, semoga artikel dalam situs www.akuntansidasar.com ini bermanfaat bagi anda.

MEMAHAMI PENGERTIAN AKUNTANSI SECARA BENAR Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan saudara berinteraksi dengan penulis lewat penyampaian pesan dalam kotak komentar, pesan yang saudara sampaikan dapat berupa saran, berupa kritikan, pertanyaan, ataupun berupa pesan lainnya yang bersifat membangun.