JENIS TRANSAKSI KEUANGAN DALAM AKUNTANSI

Selamat pagi sahabat, artikel ini merupakan artikel yang pertama dalam www.akuntansidasar.com yaitu sebuah situs edukasi akuntansi yang berusaha menyajikan materi dan soal akuntansi keuangan dasar.



Dalam artikel perdana ini penulis akan membahas tentang jenis transaksi keuangan dalam akuntansi.

Pemhaman tentang transaksi keuangan sangat penting sebagai landasan untuk memahami akuntansi secara keseluruhan, hal ini karena dalam proses akuntansi transaksi keuangan akan memunculkan bukti transaksi keuangan yang berdasarkan bukti transaksi keuangan inilah akan dihasilkan informasi keuangan yang berupa laporan keuangan dan sejenisnya setelah melalui proses akuntansi.

Dengan demikian pemahaman yang benar tentang transaksi keuangan menjadi hal yang penting agar pengolahan data keuangan menghasilkan informasi keuangan yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan.

Mengingat begitu pentingnya pemahaman tentang transaksi keuangan marilah kita memahaminya dengan tepat, pembahasan selengkapnya tentang transaksi keuangan dapat dipahami berikut ini :

PENGERTIAN TRANSAKSI KEUANGAN

Macam-macam transaksi keuangan
Transaksi keuangan merupakan segala kejadian yang menyangkut unit organisasi atau perusahaan yang dapat diukur dalam satuan uang dan berpengaruh terhadap kekayaan organisasi tersebut. Berdasarkan pengertian di atas maka kita dapat memahami bahwa yang disebut transaksi keuangan bukan hanya menyangkut jual-beli yang dilaksanakan ketika perusahaan mengeluarkan atau menerima uang tunai. Kegiatan jual-beli yang dilakukan perusahaan hanya merupakan salah satu jenis transaksi yang dilakukan perusahaan.

Dalam akuntansi transaksi keuangan mempunyai makna yang lebih luas bukan hanya lingkup kegiatan jual beli,

ilmu akuntansi memaknai transaksi keuangan sebagai kejadian yang terkait dengan perusahaan dan kejadian tersebut dapat diukur dengan satuan uang serta berpengaruh terhadap kekayaan perusahaan.

Berikut ini akan saya contohkan suatu kejadian yang tidak melibatkan kegiatan jual beli namun dianggap sebagai transaksi keuangan.

Misalnya pak kusrin dan pak kismanto mendirikan sebuah perusahaan berbentuk firma yang bergerak dibidang peternakan ayam.

Pada awal berdiri perusahaan tersebut, pak kusrin sebagai salah satu pemilik perusahaan menyerahkan sebidang tanah yang digunakan untuk tempat operasional usaha peternakan dan menjadi hak milik perusahaan, maka kejadian ini termasuk dalam transaksi keuangan yaitu transaksi modal.

JENIS TRANSAKSI KEUANGAN

Transaksi keuangan dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu pembagian berdasarkan ruang lingkupnya dan berdasarkan bidang yang dipengaruhinya.

Jenis Transaksi Keuangan Berdasarkan Lingkupnya




Berdasarkan ruang lingkupnya transaksi keuangan dalam ilmu akuntansi dibedakan menjadi transaksi keuangan intern dan transaksi keuangan ekstern.

Transaksi keuangan Intern
Transaksi keuangan intern merupakan transaksi keuangan yang terjadi antar pihak-pihak yang terdapat dalam perusahaan tersebut.

Transaksi intern biasanya dicatat ketika dilakukan penyusunan jurnal penyesuaian.

Contoh transaksi intern antara lain: transaksi keuangan tentang pemakaian perlengkapan, transaksi ini dicatat dalam jurnal penyesuaian posisi debet beban perlengkapan dan posisi kredit perlengkapan,

untuk memahami lebih lanjut tentang pencatatan pemakaian perlengkapan, silahkan pahami dalam pencatatan perlengkapan dalam akuntansi.

Contoh lain transaksi tentang penyusutan aktiva tetap kendaraan maupun aktiva tetap lainnya selain tanah, transaksi penyusutan aktiva tetap akan dicatat dalam jurnal penyesuaian posisi debet beban penyusutan kendaraan dan posisi kredit akumulasi penyusutan kendaraan.

Transaksi Keuangan Ekstern
Transaksi ekstern merupakan transaksi keuangan yang terjadi antara perusahaan dengan pihak diluar perusahaan.

Dengan demikian dalam transaksi keuangan ekstern sudah melibatkan pihak lain diluar perusahaan.

Contoh transaksi keuangan ekstern sangat banyak misalnya saja transaksi pembelian perlengkapan, transaksi penerimaan pendapatan, transaksi pembayaran gaji dan sebagainya.

Jenis Transaksi Keuangan Berdasarkan Bidang yang dipengaruhinya

Berdasarkan bidang yang dipengaruhinya transaksi keuangan dibedakan menjadi dua yaitu transaksi modal dan transaksi usaha.

Transaksi Modal
Transaksi modal adalah transaksi keuangan yang mempengaruhi bertambah atau berkurangnya modal suatu perusahaan. Contoh transaksi modal antara lain:
  • Pemilik menyetorkan sejumlah uang tunai untuk modal usaha
  • Pemilik mengambil sebagian modal untuk kepentingan pribadi (prive)
  • Pemilik perusahaan menyerahkan kendaraan pribadinya kepada perusahaan untuk operasional perusahaan.

Transaksi Usaha
Transaksi usaha merupakan transaksi keuangan yang berkaitan dengan kegiatan utama perusahaan.

Maksud dari kegiatan utama perusahaan adalah kegiatan yang menjadi operasional perusahaan, contoh perusahaan jasa service komputer, maka kegiatan utamanya adalah memperbaiki komputer yang rusak dari pelanggannya, dalam usaha servise tersebut maka akan muncul transaksi penerimaan pendapatan jasa servise dari pelanggan, transaksi pembayaran gaji karyawan dan sebagainya.

KESIMPULAN:
Transaksi keuangan merupakan segala kejadian yang berkaitan dengan perusahaan dan dapat diukur dengan satuan uang serta mempunyai pengaruh terhadap kekayaan perusahan.

Transaksi keuangan dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu menurut ruang lingkupnya dan menurut bidang yang dipengaruhinya.

Menurut ruang lingkupnya maka transaksi keuangan dibedakan menjadi transaksi intern dan transaksi ekstern sedangkan menurut bidang yang dipengaruhinya dibedakan menjadi transaksi modal dan transaksi usaha.

Demikianlah pembahasan tentang jenis-jenis transaksi keuangan, semoga pembahasan ini bermanfaat bagi peningkatan prestasi saudara dibidang akuntansi, setelah memahami pembahasan ini maka saudara disarankan untuk memahami bentu-bentuk bukti transaksi keuangan.

JENIS TRANSAKSI KEUANGAN DALAM AKUNTANSI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan saudara berinteraksi dengan penulis lewat penyampaian pesan dalam kotak komentar, pesan yang saudara sampaikan dapat berupa saran, berupa kritikan, pertanyaan, ataupun berupa pesan lainnya yang bersifat membangun.